Galakkan Pola Hidup Sehat, Wabup Kendal Buka Lomba Senam Germas

BATANGPOS.COM, KENDAL – Banyak cara yang dilakukan untuk membiasakan hidup sehat. Salah satunya dengan menggalakkan senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal bekerja sama dengan Puskesmas Sukorejo 1 dan Sukorejo 2 yang menggelar lomba senam Germas, Sabtu (13/8/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, beserta jajaran Forkompincam Sukorejo, serta Kepala Puskesmas, baik Sukorejo 1 maupun Sukorejo 2.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki yang juga sebagai Ketua Tim Pelaksana Penanganan Stunting Kabupaten Kendal mengapresiasi lomba senam Germas, yang menurutnya sangat luar biasa.

Dikatakan, perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik. Baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga.

“Kemudahan-kemudahan dalam kehidupan sehari-hari, karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan, telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat,” ujarnya.

Wabup yang akrab dipanggil Pakde Bas tersebut berharapkepada para tenaga kesehatan dan Kader di desa, Germas ini tidak hanya menjadi slogan semata, namun harus dibuktikan dengan kerja nyata.

“Petugas di lapangan harus terus lakukan sosialisasi kesehatan. Saya harap tidak jadi slogan semata, tapi harus dibarengi dengan kerja keras yang nyata, guna menanggulangi stunting dan penyakit tidak menular,” ungkapnya.

Selain itu Pakde Bas juga berpesan, supaya para peserta lomba Germas, untuk menjaga sportivitas. Menurutnya, kalah menang dalam perlombaan itu hal yang biasa.

“Semoga perlombaan senam ini bermanfaat. Pesan saya, jaga sportivitas, jaga persatuan dan kesatuan, serta ikuti lomba dengan riang gembira,” pesannya.

Usai sambutan Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki secara simbolis ikut melakukan senam bersama sama dengan para peserta lomba Germas.

Sementara, Ketua Panitia Lomba Senam Germas, Suardi menjelaskan, lomba diikuti oleh puluhan Kader PKK dan Kader Kesehatan dari 18 desa yang ada di wilayah Kecamatan Sukorejo.

“Lomba bertujuan untuk membiasakan hidup sehat dan bersih di masyarakat. Yang mana menurun setelah adanya pandemi covid 19,” jelasnya.

Selain itu, tujuan khusus Lomba Senam Germas adalah mengaktifkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah masyarakat.

Suardi yang juga menjabat Sekretaris Paguyuban BPD Kabupaten Kendal itu berharap, lomba Germas ini berlanjut sampai ditingkat desa, RW hingga RT.

“Ini juga bertujuan untuk sosialisasi serta penyuluhan pencegahan stunting dan penyakit tidak menular bagi kader kesehatan aktif desa,” ungkapnya. (HS)