Gara-gara Hoaks Menara Masjid Sriwedari Hendak Ambruk, Pengunjung CFD Solo Berhamburan, Pedagang Rugi

 

BATANGPOS.COM, SOLO – Para pengunjung Solo Car Free Day (CFD), Minggu (29/5/2022) pagi lari berhamburan, gara-gara termakan hoaks bahwa Menara Masjid Sriwedari bergoyang dan akan ambruk.

Begitu mendengar kabar palsu tersebut, sontak warga pun berlarian dari timur ke barat, atau menjauh dari menara. Banyak di antara mereka berlari sambil melihat ke arah menara.

Bukan hanya pengunjung, para pedagang pun berhamburan berusaha menyelamatkan diri. Mereka meninggalkan pembeli beserta barang dagangannya begitu saja.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo mengatakan kabar hoaks tersebut muncul, gara-gara ada orang melihat awan bergerak di atas menara dan yang bersangkutan mengira menara itulah yang bergerak.

“Karena hanya awan yang berjalan, jadi menara terebut terlihat mau ambruk,” kata dia.

Petugas Dishub dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo, Diskominfo Solo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perdagangan (Disdag) dan paguyuban PKL CFD turut meredam kepanikan pengunjung.

Petugas meredam kepanikan dengan menyampaikan imbauan jika kondisi menara dan sekitarnya baik-baik saja.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, meminta masyarakat untuk berhati-hati dan tidak menyebarkan berita atau informasi yang tidak benar karena merugikan banyak orang.

“Jangan seperti itu (menyebar hoaks),” kata Gibran, turut menanggapi informasi hoaks di Car Free Daya (CFD) Slamet Riyadi.

Gibran pun mengungkapkan keprihatinan, karena akibat hoaks tersebut, pedagang merugi. Bahkan ada yang gerobaknya sampai ditabrak pengunjung yang berlarian karena panik.

“Kasihan pedagang gerobaknya terinjak-injak,” ungkap dia.

Video peristiwa itu pun diunggah di sejumlah akun media sosial dan mendapat banyak komentar dari warganet.

“ASLIII gue tadi CFD di Solo. Lu tau gak pada gempar, karena menara masjid dikira mau roboh. Gilak gue udah panik sampe sandal gue putus, ternyata hoaksssss ggrr wrrr,” cuit Raya melalui akun Twitter @czarui.

Ada juga warganet yang mengharapkan agar membuat prank tersebut segera ditemukan.

“Siapapun yg ngeprank sampe bikin orang desek”an lari di cfd solo tadi, semoga ketemu dan klarifikasi, lu dah bikin kericuhan massal,” Muffinman melalui akun @bnjnbr.

Ada juga warganet yang menanggapi dengan sedikit bercanda.

“Pada lari gue juga ikut lari kamprettt, tau ahh padahal udah 2 tahun ga cfd malah ada beginian. Ngakak mana tadi ada anak kecil yang bilang ‘aku kira mau ada kiamat’ NGABRUTTTTT,” cuit Raya melalui @czarui.

Lantaran panik, dia juga mengatakan spontan berlari sambil masih membawa es teh.

BTW I run with es teh on my hand,” kata Raya. (HS-08)