Habiskan Anggaran Rp10 Miliar, Bupati Kebumen Pastikan KIE Tak Pakai APBD

 

BATANGPOS.COM, KEBUMEN – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto memastikan bahwa Kebumen International Expo (KIE) yang menelan biaya Rp 10 miliar ini, sama sekali tidak menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Pemkab Kebumen.

“Kalau anggaran, informasi dari panitia, itu kurang lebih Rp10 miliar,” kata Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, seperti dirilis kebumenkab.go.id.

Bupati mengatakan, kegiatan yang digelar hingga 2 Juli 2022 itu, dibiayai oleh masyarakat, dan mendapat dukungan dari Pertamina, sebagai sponsor tunggal.

“Yang perlu saya tekankan bahwa di sini tidak menggunakan APBD. KIE ini dibiayai oleh masyarakat untuk masyarakat. Termasuk dari Pertamina sebagai seponsor tunggal,” tuturnya.

Bupati yakin adanya KIE ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat, karena event ini menggabungkan antara perdagangan, investasi dan pariwisata.

“Ini seperti disampaikan Pak Menteri (Teten Masduki), KIE bisa menambah daya beli masyarakat. Kalau daya belinya naik, pasti ekonomi akan bangkit karena adanya putaran ekonomi,” terang Bupati.

Dari sisi perdagangan, menurut Bupati sangat baik, lantaran KIE menampilkan sekian banyak produk dan jasa. Baik dari UMKM, instansi maupun korporat dengan 500 stand pameran.

“Di situ pasti ada informasi dan perdagangan,” ucapnya.

Tidak hanya itu, KIE juga dipercaya bisa merangsang masuknya investasi di Kebumen. Bupati optimis, dengan adanya KIE ini bisa menghasilkan nilai investasi Rp100 miliar.

“Kita sangat optimis dengan adanya KIE ini, investasi yang masuk di Kebumen bisa lebih dari Rp 100 miliar,” ucapnya.

Diketahui  Opening Ceremony KIE turut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Pjs Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman, Wakil Ketua BPK RI Agus Joko Pramono, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, sejumlah Bupati dan Wali Kota di wilayah Jateng/DIY.

Acara  Opening Cerrmony sangat meriah dengan adanya pesta kembang api, tarian tradisional, dan penampilan konser musik dari Sammy Simorangkir yang ditonton oleh banyak para penggemarnya. (HS-08)