Hadiri Halal bi Halal Paguyuban Kades “Bahurekso”, Ini Harapan Bupati Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Paguyuban Kepala Desa “Bahurekso” Kabupaten Kendal, menggelar acara Halal bi Halal dan Silaturahmi di salah satu rumah makan di Desa Jenarsari Kecamatan Gemuh, Rabu (18/5/2022).

Acara yang bertema Merajut Silaturakhim Merawat Kebersamaan tersebut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki, Forkopimda dan para Camat serta ratusan Kepala Desa se Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengatakan, dirinya merasa bangga dan terhormat serta terharu, pada hari ini bisa kumpul dan bersilaturahmi dalam acara halal bi halal dengan para kepala desa se-Kabupaten Kendal

“Kami berharap kepada seluruh komponen yang ada di Kabupaten Kendal termasuk para kades harus guyup rukun dan bersatu membangun Kabupaten Kendal. Mari kita bangun Kendal bersama-sama sesuai visi dan misi, sehingga dapat berjalan dengan lancar,” ujar Dico.

Bupati juga mengingatkan, selain guyup rukun, semua juga harus bekerja sama yang baik, para kades atau lurah untuk juga saling koordinasi dengan camat dan Dispermades agar pembangunan selaras dengan visi misi Kabupaten Kendal.

“Kepala desa kan dipilih oleh rakyat, sehingga kepala desa harus memiliki power di desa guna pembangunan masyarakat,” tandas Dico.

Apalagi, lanjut Dico, sebentar lagi di beberapa desa akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades), harapannya bisa berjalan lancar dan kondusifitas terjaga.

Bupati menambahkan, prinsipnya para kades harus bisa melayani masyarakat, baik dari sisi pembangunan maupun kesejahteraan warganya. Harapannya sederhana, untuk kemajuan desa.

Dico meminta, jika ada permasalahan, agar diinventarisir untuk dilaporkan kepada Organisasi perangkat daerah (OPD) terkait guna mengambil kebijakan lebih lanjut.

“Jaga komunikasi dan silaturahmi kades dengan dinas terkait dan juga Bupati, guna kesinambungan kerja pemerintah Kabupaten Kendal,” ujarnya Dico.

Sebagai penutup Dico berpesan, Kades merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemerintah daerah, sehingga memiliki tugas cukup berat yang diemban dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Oleh karena itu, seluruh kades di Kabupaten Kendal harus memiliki pengetahuan lebih, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat serta dapat memanfaatkan dan mendayagunakan sumber daya yang masih terbatas secara optimal.

“Saya selaku pribadi dan atas nama kedinasan menyampaikan permohonan maaf karena belum semua desa sempat saya kunjungi dan kami mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1443 H, minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kabupaten Kendal, Abdul Malik mengatakan, kegiatan halal bi halal ini dalam rangka mempererat silaturrahmi antara kepala desa se-Kabupaten Kendal dengan Bupati dan Wakil Bupati Kendal.

Alhamdulillah berkat dukungan semua Kepala Desa se Kabupaten Kendal, sehingga kegiatan halal bi halal ini bisa terwujud. Terima kasih kepada semua yang sudah mendukung,” ungkapnya.

Malik berharap, silaturahmi terus terjaga antarkepala desa. Selain itu, sinergitas juga terus dibangun, dalam rangka kemajuan desa.

Selain itu dirinya berpesan kepada para kades, untuk tidak meninggalkan kearifan lokal dalam pembangunan desa. Menurutnya kearifan lokal perlu, untuk menjaga norma dan tradisi di desa setempat.

“Ya kalau mau membangun, harus dimusyawarahkan terlebih dahulu. Baik dengan tokoh masyarakat, maupun tokoh agama desa setempat juga berbagai elemen masyarakat. Supaya semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan,” pungkas Malik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan saling bersalaman, antara Bupati dan Wakil Bupati Kendal, bersama para camat dan para kepala desa se Kabupaten Kendal. (HS)