Hadiri Sedekah Bumi, Bupati Pati Ajak Warga Rawat Tradisi

 

BATANGPOS.COM, PATI – Bupati Pati, Haryanto mengajak masyarakat untuk terus merawat tradisi dan kebudayaan, termasuk di antaranya sedekah bumi dan pergelaran wayang kulit.

Hal itu disampaikan Bupati Pati Haryanto, saat hadir dan menyaksikan pergelaran wayang kulit, bertema Lengkong Bersih, Sehat, Elok, Nyaman Untuk Masyarakat (Bersenyum), di Desa Lengkong, Kecamatan Batangan, baru-baru ini.

Pada pergelaran tersebut, Ki Dalang Sigit Ariyanto, membawakan lakon Wahyu Katentreman.

Lakon ini menceritakan tentang permohonan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,  agar memberikan ilham dan kekuatan kepada para pemimpin, sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Pergelaran wayang kulit tersebut, merupakan bagian dari rangkaian acara sedekah bumi warga setempat. Tradisi ini, sebenarnya merupakan kegiatan tahunan. Namun pada 2020 dan 2021 tidak dapat diselenggarakan, karena pandemi Covid-19.

Lebih lanjut menurut Bupati, sedekah bumi adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif. Dalam kegiatan ini, warga dapat bertemu dan bersilaturahmi, serta menciptakan kerukunan masyarakat.

Sedekah bumi juga merupakan ungkapan rasa syukur, sekaligus bentuk rasa kebersamaan kepada sesama.

Wayang kulit ini, ditampilkan sekaligus sebagai upaya bersama untuk melestarikan seni tradisi, sekaligus memberikan edukasi tentang budi pekerti serta kepribadian.

“Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta, sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun, Sedekah Bumi dapat menolak balak atau menjauhkan dari musibah,” kata Bupati, seperti dirilis patikab.go.id.

Kades Lengkong, Yashadi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pati, yang sudah datang di acara tersebut.

“Semoga warga masyarakat Desa Lengkong bisa kompak serta guyub rukun dan berharap agar hasil bumi bisa lebih berlimpah dan Produksi garam bisa lancar,” kata dia. (HS-08)