Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Kebumen Tebar Bibit Nila hingga Lepas Tukik ke Samudra

 

BATANGPOS.COM, KEBUMEN – Jajaran Pemkab Kebumen, menggelar serangkaian kegiatan, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Sedunia. Dalam kegiatan yang dipusatkan di Desa Sidoharjo, Puring, Minggu (5/6/2022) itu, bupati ikut senam bersama, menebar nila, menanam pohon konservasi, dan melepasliarkan tukik ke pantai Samudra Indonesia.

Pada kesempatan itu, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto yang didampingi istrinya, Iin Windarti bersama jajaran Forkompinda, melepas 4.000 ikan nila di sebuah rawa di Desa Sidoharjo.

Diharapkan, ribuan bibit nila tersebut, nantinya bisa dikembangbiakkan, sehingga kelak dapat menunjang upaya pemenuhan gizi, sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bupati bersama jajaran juga menanam pohon di wilayah koservasi di Pantai Kembar Terpadu, Tambakmulyo, Puring. Terdapat 100 pohon cemara yang ditanam, kemudian 100 pohon ketapang laut, dan 100 pohon kelapa Genjah Entog.

“Lingkungan ini menjadi hal yang sangat penting untuk kita jaga. Karena ini menyangkut kehidupan semesta, bukan hanya manusia, tetapi juga hewan dan tumbuhan di dalamnya. Merawat lingkungan, itu artinya kita merawat kehidupan,” kata Bupati, seperti dirilis kebumenkab.go.id.

Selain menanam pohon konservasi, Pemkab Kebumen juga menanam 2.400 pohon buah-buahan, terdiri tas kelengkeng, jambu, mangga, rambutan, dan durian.

Pohon-pohon tersebut, kata Bupati, disebar ke berbagai desa, yakni Desa Giritirto, Gunungsari, Kecamatan Karanggayam; Desa Rowokele, Kecamatan Rowokele; Desa Wonodadi, Kecamatan Buayan; Desa Sidoharjo, dan Tambakmulyo, di Puring.

“Dengan menanam pohon kita ingin menunjukkan bahwa kita menyayangi generasi akan datang. Hijau duniaku, hijau duniamu, hijau dunia akan datang,” ucap Bupati.

Pada kesempatan yang sama, juga diadakan pelepasan 100 ekor tukik di Pantai Kembar Terpadu, yang masuk dalam wilayah konservasi penangkaran penyu. Kemudian ada penyerahan bantuan untuk pihak pengelola dari Yayasan Benih Baik, dan Tokopedia oleh Bupati Kebumen.

“Alhamdulillah Kebumen itu punya dua konservasi penangkaran penyu, satu di Kaliratu Desa Jogosimo Kecamatan Klirong, dan satunya lagi di  Pantai Kembar Terpadu Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring. Ini menjadi potensi dari kekayaan alam di Kebumen untuk terus dilestarikan agar bisa diwariskan ke generasi anak cucu kita yang akan datang.”

Tak lupa, di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, pemerintah juga mencanangkan gerakan bersih-bersih pantai, dan senam sehat masal di pantai. (HS-08)