Haul Bung Karno ke-52, DPC PDI Perjuangan Kendal Gelar Sajian Kuliner Nusantara

BATANGPOS.COM, KENDAL – Haul Bung Karno ke-52 diperingati Kader Banteng Kabupaten Kendal dengan tasyakuran secara sederhana, di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kendal, Sabtu (25/6/2022).

Kegiatan ini diikuti 300 kader, baik anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kendal, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang, Ranting, juga sayap partai, serta para Komandante dari masing-masing dapil.

Acara diisi Refleksi Bulan Bung Karno dengan Sajian Kuliner Nusantara dan Bakar Ikan Nusantara yang telah disediakan oleh DPC PDI Perjuangan sebamyak dua kuintal.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kendal, Akhmat Suyuti mengatakan, peringatan ke-52 tahun wafatnya Bung Karno hendaknya semakin memperkokoh keyakinan seluruh kader PDI Perjuangan.

Karena menurutnya, ajaran-ajaran Bung Karno harus bisa diteruskan oleh generasi sekarang dan generasi mendatang.

“Hari ini kita berkumpul bersama-sama mendoakan Bung Karno. Semoga amal dan ibadah beliau diterima oleh Allah SWT dan diberikan tempat yang terbaik. Termasuk juga generasi penerus bangsa diberikan semangat api perjuangan untuk melanjutkan cita-cita luhur Bung Karno,” ujar Suyuti.

Ditambahkan, selain tujuan utama mendoakan Bung Karno, yang tak kalah pentingnya adalah untuk memetik pelajaran dari kisah hidup Bung Karno sebagai bapak Proklamator.

“Karena warisan bung Karno ini sangat banyak yang bernilai. Mulai dari Pancasila dan juga buah pikiran yang lainnya. Nah haul ini adalah kesempatan kita untuk meneladani apa saja yang diusung bung Karno,” imbuh Suyuti.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Kendal, Munawir menambahkan, banyak manfaat dari haul seperti ini khususnya kaitan dengan menjalin silaturahmi.

“Bukan hanya untuk internal PDI Perjuangan, namun juga bisa jadi ajang silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Munawir menjelaskan, di bulan Juni ini merupakan bulannya bung Karno. Karena di bulan inilah Bung Karno lahir, dan di bulan Juni juga bung Karno meninggal dunia.

Selain itu, di bulan Juni juga ditetapkannya hari lahirnya Pancasila dimana bung Karno sebagai inisiatornya.

”Di bulan Juni ada banyak fakta sejarah yang kemudian bisa jadi acuan bangsa Indonesia dalam menerapkan berbangsa dan bernegara,” ungkap Munawir.

Sehingga bisa menjadi acuan bangsa Indonesia ini mensejahterakan masyarakatnya. Bagi PDI Perjuangan lanjut Munawir, momentum ini adalah sebuah repleksi sejarah.

“Refleksi Bung Karno, tujuannya untuk bisa menjalankan atau mengaktualisasikan api semangat perjuangan bung Karno dan pemikiran-pemikiran bung Karno dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan santap ikan bakar bersama Pengurus DPC, PAC dan Ranting dengan para anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kendal. (HS-06).