HUT Bhayangkara 2022, Sejumlah Polres di Jateng Ziarah ke Makam Pahlawan

 

BATANGPOS.COM, SEMARANG – Sejumlah Polres di Jawa Tengah, Rabu (29/06/2022) menggelar ziarah ke taman makam pahlawan, dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Bhayangkara.

Ziarah antara lain seperti yang dilaksanakan Polres Sragen, ke Taman Makam Pahlawan Hastana Manggala Sukowati Sragen.

Upacara ziarah rombongan dimulai pukul 07.30 wib, dipimpin Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama.

Hadir pula dalam rombongan, para pejabat utama Polres Sragen, seluruh polwan Polres Sragen, Purnawirawan Polri, Bhayangkari serta personel perwakilan dari Satuan Fungsi Mapolres Sragen.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin Kapolres, dan pembacaan doa.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga meletakan karangan bunga, sebagai wujud penghormatannya kepada para pahlawan, yang telah gugur dan beristirahat di makam pahlawan di wilayah Sragen ini.

Pada akhir upacara, Kapolres kemudian menaburkan bunga diikuti seluruh rombongan yang hadir pada upacara ziarah romobongan, tak terkecuali para purnawirawan dan Bhayangkari.

Pada saat itu, Kapolres juga menemukan salah satu makam, yang dia yakini sebagai mantan anak buahnya, yang gugur saat bertugas. Dirinya nampak khusuk berdoa, kemudian menaburkan bunga.

“Kita semua, penerus bangsa, jangan sampai lupa dengan sejarah, bagaimana para pejuang telah gugur untuk bangsa ini. Kewajiban kita untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita,” kata AKBP Piter Yanottama, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Lanjut Piter, ziarah ini merupakan suatu bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan, yang memberikan suatu perjuangan yang memperebutkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta membangun melalui suatu perjuangan yang sangat luar biasa dalam menciptakan keamanan dan kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Polres Purbalingga

Menjelang Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, Polres Purbalingga melaksanakan ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan Purbosaroyo, Rabu (29/6/2022).

Ziarah dipimpin Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan, didampingi Ketua Bhayangkari, Ika Johny dan diikuti oleh seluruh Pejabat Utama (PJU) dan personel polres, Bhayangkari serta purnawirawan Polri.

Dalam kegiatan itu, Kapolres Purbalingga memimpin penghormatan kepada para pahlawan, selanjutnya dilakukan peletakkan karangan bunga, dan diakhiri dengan tabur bunga.

Selain ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Purbosaroyo, dilakukan juga tabur bunga di makam Komisaris Noto Sumarsono. Tabur bunga dilaksanakan di tempat pemakaman umum (TPU) Cikubang, Kelurahan Purbalingga Kidul.

Komisaris Noto Sumarsono merupakan kepala kepolisian di Purbalingga, saat Agresi Militer Belanda II. Dia gugur saat berperang mempertahankan kemerdekaan di daerah gerilya Desa Toyareka.

Polres Salatiga

Kegiatan ziarah juga dilakukan Polres Salatiga, ke Taman Makam Pahlawan Dharma Salatiga. Sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana SH SIK MSi, dengan Perwira Upacara Kompol Edi Hartono SH MH dan Komandan Upacara AKP R Danang SW SH MH. Hadir sebagai peserta upacara, Pejabat Utama Polres Salatiga, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Cabang Salatiga, Jajaran Perwira, Bintara dan ASN Polres Salatiga.

Dalam rangkaian Upacara tersebut Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana SH SIK MSi, meletakkan karangan bunga, tepat di bawah Tugu Monumen Taman Makam Pahlawan Dharma, sebagai bentuk penhormatan kepada arwah pahlawan yang telah gugur.

Selanjutnya Kapolres Salatiga didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Salatiga, Indri Indra Mardiana dan Pejabat Uatama Polres Salatiga, melakukan tabur bunga pada makan pahlawan anggota polri dan kemudian di tutup dengan mendoakan arwah para pahlawan.

Kapolres Salatiga yang ditemui seusai kegiatan menyatakan bahwa Upacara Ziarah dan Tabur Bunga merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-76 Bhayangkara, yang dilaksanakan Polres Salatiga.

“Kita tidak boleh melupakan jasa – jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dan kita harus terus melanjutkan cita – cita perjuangannya dengan melaksanakan tugas sebagai abdi negara pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat,” kata AKBP Inbdra Mardiana. (HS-08)