Iduladha 1443 H, Bupati Kebumen Kurban 12 Ekor Sapi

 

BATANGPOS.COM, KEBUMEN – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, pada tahun ini melakukan kurban dengan memotong 12 sapi, semuanya berjenis peranakan ongole (PO), yang dibeli dari peternak lokal, menggunakan dana pribadi.

Hal itu disampaikan Bupati, saat meninjau sapi kurbannya, di Pendopo Kabumian, Sabtu (9/7/2022).

Sapi tersebut nantinya didistribusikan ke berbagai lokasi, seperti pondok pesantren, masjid, dan tempat-tempat lain, termasuk salah satunya ada yang disembelih  di Pendopo Kebumian.

‘’Alhamdulilah untuk tahun ini saya kurban 12 ekor sapi. Khusus yang satu, akan kita sembelih besok pagi (hari ini-red) di pendopo Kebumen usai shalat idul Adha,’’ tutur Bupati, kemarin, seperti dirilis kebumenkab.go.id.

Bupati memastikan sapi yang dibeli dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit mulut dan kuku atau PMK. Sapi yang dia beli, seharga Rp 25 juta, dengan bobot rata-rata 500 kilo gram.

“Sapi yang kita beli dipastikan dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit PMK,” ucap Bupati.

Dengan adanya wabah PMK, dia pun mengimbau kepada masyarakat agar mengutamakan ketelitian, dengan diperiksa lebih dahulu, jangan sampai sapi yang dibeli ternyata dalam kondisi sakit atau terkena virus.

‘’Jika hewan tersebut terdeteksi PMK maka segera melaporkan ke Distapang agar segera ditangani. Insya Allah akan kami obati,’’imbuhnya.

Selain itu, Bupati mengatakan penyembelihan hewan kurban yang baik, adalah dengan pisau, atau alat yang digunakan jangan sampai ditukar dengan milik orang lain.

Bisa juga disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), baik yang ada di Gombong atau Kebumen.

Sedangkan untuk jeroan hewan kurban sebaiknya dikubur. Namun jika terpaksa ingin dibagikan, disarankan direbus terdahulu agar lebih aman dikonsumsi penerimanya. Termasuk di antaranya kepala, ekor, dan kaki agar direbus dulu sebelum dibagikan.

‘’Ini dilakukan agar masyarakat lebih aman terhindar dari PMK. Akan tetapi jangan terlalu kawatir, asal dengan cara penanganan yang baik,’’ kata Bupati.

Diketahui Bupati bersama keluarga rencananya akan melaksanakan Salat Iduladha di Masjid Agung Kauman Kebumen. Setelah itu, dia akan melaksanakan pemotongan hewan kurban di Pendopo Kabumian. (HS-08)