Institut Teknologi dan Bisnis Semarang Buka Kampus di Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Institut Teknologi dan Bisnis Semarang (ITBS) membuka kampus tiga, yang berlokasi di kawasan SMK Bina Utama, Kabupaten Kendal, Jumat (3/6/2022). Launching Gedung Rektorat dan Perkuliahan dilakukan oleh Ketua Yayasan ITBS, Kusmanto, dan dihadiri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto juga Anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat.

Dalam sambutannya Kusmanto mengatakan, perkuliahan ITBS akan dimulai pada bulan September mendatang, dengan membuka tiga program studi (prodi). “Yakni prodi manajemen, prodi akutansi dan prodi komputer,” terangnya dalam rilis yang diterima BATANGPOS.COM,semarang.id, Sabtu (4/6/2022).

Kusmanto menjelaskan, dibukanya kampus tiga ITBS, pada tahun pertama perkuliahan, hanya membuka dua kelas yang dilaksanakan pada sore hari.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pihak ITBS, yang telah melakukan trobosan dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Trobosan ini sangat luar biasa karena apa yang dilakukan pihak sekolah sudah mengimplentasikan apa yang menjadi prioritas utama dari pemerintah daerah yaitu peningkatan SDM,” ungkap Bupati.

Dico juga mengucapkan terima kasih lantaran telah menempatkan perguruan tinggi di Kabupaten Kendal dan bertujuan untuk meningkatkan mutu SDM melalui pengembangan kemampuan dan keunggulan siswa.

“Pentingnya peningkatan SDM di suatu daerah bertujuan agar warga asli tidak menjadi penonton dalam perkembangan suatu daerah. Kami menginginkan seluruh masyarakat dapat ikut serta dalam kemajuan suatu daerah,” imbuh Dico.

Dijelaskan, peningkatan SDM juga mampu menekan adanya angka pengangguran, mengingat pada masa pandemi angka pengangguran di Kabupaten Kendal sempat mengalami peningkatan.

“Pemerintah daerah akan terus memberikan perhatian kepada dunia pendidikan, lantaran ujung tombak dari peningkatan mutu SDM menurut saya adalah dunia pendidikan,” ujarnya.

Senada diungkapkan Anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat, dirinya mengaku mendukung penuh dibukanya kampus tiga ITBS di Kabupaten Kendal. “Ini adalah suatu terobosan dan membuka kesempatan menempuh kuliah kepada karyawan yang berpendidikan SMA/SMK sederajat,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut Mujib, dengan dibukanya kampus tiga ITBS, harapannya bisa meningkatkan jabatan atau posisi karyawan di perusahaan jika sudah lulus kuliah.

“Selain itu juga bisa memberi kesempatan kepada lulusan dari kampus, karena ada kerjasama antara ITBS dengan perusahaan-perusahaan,” imbuhnya.(HS)