Jadi Pilot Project, SMP 1 Kendal Buka Kelas Khusus Olahraga

BATANGPOS.COM, KENDAL – Tingginya peminat, SMP Negeri 1 Kendal bakal membuka Kelas Khusus Olahraga (KKO) pada tahun 2022 ini, dan menjadikan satu-satunya sekolah yang ditunjuk menyelenggarakan KKO di Kendal.

Ketua Tim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 1 Kendal, Supadmo mengatakan, tahun ini pihaknya hanya membuka satu KKO dengan kuota 31 siswa hasil seleksi yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, sebelumnya dibuka pendaftaran pada 6-10 Juni 2022. Kemudian dilakukan tes seleksi yang meliputi, tes psikologi, tes fisik, pencaboran, dan tes pengetahuan umum.

“Tes psikologi dilakukan oleh psikolog dari Yogyakarta, tes olahraga bekerja sama dengan KONI Kendal, dan tes wawancara oleh pihak sekolah,” jelas Supadmo, Kamis (30/6/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, pada tahap pertama dibuka satu kelas dengan kapasitas 32 siswa. Namun ternyata, hanya ada 31 siswa yang melanjutkan proses tahapan seleksi hingga rampung.

“Kelas khusus olahraga atau KKO ini dibuka untuk menjaring bakat dan minat peserta didik di bidang olahraga khususnya di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Wahyu menjelaskan, untuk mengelola KKO ini, pihaknya menggandeng Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kendal untuk membantu memfasilitasi sarana dan prasarana penunjang pendidikan. Salah satunya dalam penggunaan Stadion Utama Kendal.

“Kelas khusus olahraga ini merupakan implementasi strategi Among Siswa yang mempertimbangkan bakat minat dan potensi peserta didik dan SMPN 1 Kendal sebagai percontohan,” jelasnya.

Wahyu menambahkan, calon siswa KKO tidak dibatasi zonasi daerah, sehingga pendaftar bisa dari semua kecamatan di Kabupaten Kendal. Seleksinya dilakukan secara ketat dengan menerapkan beberapa tes kualifikasi.

“Yang jelas harus pintar olahraga, namun tetap dilakukan tes, seperti tes keterampilan olahraga,” katanya.

Ketua KONI Kendal, Subur Isnadi mengatakan, pihaknya mendukung adanya program Kelas Khusus Olahraga di SMP 1 Kendal tersebut.

Menurutnya, peserta didik dalam KKO ini akan mendapatkan pendidikan beberapa cabang olahraga, di antaranya Anggar, Pencak Silat, Taekwondo, Gulat, Sepakbola, Atletik, Bola Voli, Angkat Besi dan cabor lainnya.

“KONI Kabupaten Kendal tentu sangat mendukung adanya Kelas Khusus Olahraga ini. Karena tujuannya untuk menghasilkan lulusan siswa yang kompetitif dan kompeten di bidang olahraga,” ungkap Subur.(HS)