Jelang Idul Adha, Dispertan Kendal Telah Lakukan Pemeriksaan Ratusan Sapi dan Kambing

BATANGPOS.COM, KENDAL – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan terus melakukan pemantauan kesehatan hewan ternak menjelang Lebaran Hari Raya Kurban 2022.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Ragajati mengatakan, pemeriksaan dan pengecekan hewan kurban dilakukan sejak H-2 hingga H+2 Idul Adha 2022.

“Ya untuk memastikan kesehatan hewan kurban di Kabupaten Kendal, kami beranggotakan 36 personel terus melakukan pemeriksaan dan pengecekan hewan kurban,” terangnya kepada BATANGPOS.COM,semarang.id, Sabtu (9/7/2022).

Dipaparkan, data sementara hasil pemeriksaan kesehatan hewan kurban, di Kecamatan Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan terdapat delapan ekor sapi jantan dan 15 ekor kambing jantan yang diperiksa.

Kemudian di Kecamatan Patebon enam ekor sapi jantan, 11 ekor kambing jantan dan dua ekor domba jantan. Di Kecamatan Brangsong sepuluh ekor sapi jantan dan 15 ekor kambing jantan.

Di Kecamatan Limbangan ada dua ekor sapi jantan, empat ekor kambing jantan dan satu ekor domba jantan. Di Kecamatan Gemuh 16 ekor sapi jantan dan 24 ekor kambing jantan.

“Sementara di Kecamatan Kendal ada 27 ekor sapi jantan dan 15 ekor kambing jantan. Kecamatan Pegandon ada empat ekor sapi jantan dan 12 ekor kambing jantan,” papar Pandu.

Ditambahkan, untuk Kecamatan Singorojo ada tiga ekor sapi jantan dan enam ekor kambing jantan. Di Ringinarum ada enam ekor sapi jantan dan 11 ekor sapi jantan.

Selanjutnya di Kecamatan Boja ada 26 ekor sapi jantan, 26 ekor kambing jantan dan dua ekor domba jantan. Di Kecamatan Sukorejo ada 15 ekor sapi jantan, empat ekor kambing jantan dan 24 ekor domba jantan.

Sementara di Kecamatan Rowosari ada sembilan ekor sapi jantan dan empat ekot kambing jantan. Di Kangkung ada 13 ekor sapi jantan dan 55 ekor kambing jantan.

Sedangkan di Kecamatan Pageruyung ada tujuh ekor sapi jantan, tiga ekor kambing jantan dan satu ekor domba jantan. Serta di Kecamatan Plantungan ada delapan ekot sapi jantan dan tiga ekor kambing jantan.

“Total pemeriksaan hewan di Kabupaten Kendal, ada 160 ekor sapi jantan, 208 ekor kambing jantan dan 30 ekor domba jantan,” imbuh Pandu.

Sementara untuk data kasus dari pemeriksaan hewan korban, di Desa Kebumen Kecamatan Sukorejo ada satu kasus cacing hati.

“Kemudian di Kecamatan Boja satu kasus cacing paramphistomum dan di Desa Puncakwangi Kecamatan Pageruyung dengan satu kasus cacing hati,” pungkas Pandu. (HS-06)