Jelang Lebaran, Bupati Pati Pantau Jalan Rusak

 

BATANGPOS.COM, PATI – Menjelang Lebaran 2022 masih terdapat sejumlah ruas jalan rusak. Untuk proyek perbaikan jalan yang sudah ditender. Pemkab Pati sudah mengupayakan perbaikan sejumlah ruas jalan tersebut, walaupun sebagian dilaksanakan setelah Lebaran.

Hal itu disampaikan Bupati Pati Haryanto, ketika memantau sejumlah jalan rusak dan yang sedang diperbaiki, belum lama ini. Kegiatan Monitoring, diikuti pula oleh dinas terkait.

Adapun sejumlah lokasi yang dimonitor, adalah Jalan Raya Pati – Gabus, Jalan Raya Gabus – Winong Kidul, Jalan Raya Glonggong – Jakenan, Jalan Raya Jaken, dan Jalan Pantura Batangan – Juwana.

Bupati Pati Haryanto mengakui persoalan jalan rusak memang sering dikeluhkan masyarakat. Kerusakan jalan di Pati, umumnya sebagian besar dipengaruhi oleh banjir.

“Namun perlu diketahui, bahwa tahun anggaran tidak dibatasi oleh hari raya Idulfitri. Ada yang sudah lelang, dan yang sudah lelang ini, otomatis menjadi kewajiban para pemenang. Karena SPK sudah turun, pemerintah tidak berani untuk melakukan penambalan sementara jalan yang rusak,” kata dia, seperti dirilis Patikab.go.id.

Haryanto mengatakan menjadi kewajiban para pemenang lelang, untuk menangani sementara jalan yang rusak tersebut. Pemkab Pati pun sudah menginstruksikan pemenang tender untuk melakukan hal itu. Walaupun begitu, ada sejumlah rekanan yang belum melakukan perbaikan.

“Pemerintah daerah mau tidak mau ya ngalahi, kita tambal dengan base course (batu lapisan fondasi atas-Red) dulu. Setidaknya dapat membuat masyarakat nyaman sementara. Nantinya setelah Lebaran, perbaikan akan tetap jalan,” tegasnya.

Sebab sejauh ini, imbuh Haryanto, pemerintah daerah telah berupaya maksimal meskipun perbaikan jalan rusak telah menjadi tanggung jawab pemenang lelang. (HS-08)