Jelang Lebaran, Pemkab Batang Tata Kembali “Tol Kayangan”

 

BATANGPOS.COM, BATANG – Jalur wisata “Tol Kayangan” yang semula terlihat kumuh, menyambut Lebaran 2022 ini sudah tertata lebih baik. Jalur Bawang-Dieng itu, kini siap menyambut wisatawan.

Hal itu disampaikan Bupati Batang Wihaji, setelah meresmikan penataan Rest Area “Tol Kayangan” Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jumat (29/4/2022).

“Kami inisiasi melalui usulan Ketua PKK Kabupaten Batang, Uni Kuslantasi Wihaji, kira-kira bagaimana menciptakan tempat yang lebih layak. Sehingga disawang yo penak (terlihat lebih baik-Red). Ada lokasi yang terlokalisir,” kata Bupati Batang, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Ide penataan berawal dari jalur Bawang-Dieng, yang disiapkan sebagai jalur ekonomi antardesa sampai kabupaten, dan berkembang menjadi kawasan wisata.

Setelah viral beberapa waktu lalu, masyarakat berinisiatif untuk membuat tempat berjualan sebagai rest area.

Tapi dalam perjalanannya, tempat tersebut kurang menarik dan kumuh. Sehingga mengurangi nilai keindahan alam yang terbentang di jalur tersebut.

“Hari ini kami coba dulu, nanti kalau bagus, menarik kami tambah lagi. Tapi mencari lokasi yang tidak sembarangan. Supaya ada space buat tempat foto dan pemandangan masih bisa terlihat,” kata dia.

Selanjutnya, masyarakat akan diedukasi. Agar tidak sembarangan dalam membangun warung di tepi jalan. Seperti diketahui, masyarakat setempat mayoritas berpenghasilan sebagai petani kentang. Adanya kawasan wisata bisa dijadikan untuk penghasilan tambahan.

“Feeling saya, Lebaran tahun ini pasti lumayan banyak pengunjungnya. Apalagi masyarakat Kabupaten Batang yang merantau dua tahun tidak pulang. Bagi yang belum tahu wilayah sini pasti akan menarik,” ujar dia.

Untuk diketahui, walaupun dinamakan “Tol Kayangan”, jalan penghubung Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang dengan Dieng Banjarnegara ini bukanlah jalur tol seperti pada umumnya.

Jalan ini melalui Pegunungan Dieng dengan panorama indah. Kondisi jalan yang mulus, membuat masyarakat memberi julukan sebagai “Tol Kayangan”. (HS-08)