Jelang Lebaran, Peredaran Makanan Dan Minuman Diawasi Ketat

BATANGPOS.COM, KENDAL – Tim Gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan serta Satpol PP dan Polres Kendal melakukan sidak kebutuhan pokok menjelang Lebaran pada Rabu (27/4/2022).

Hal itu sebagai upaya pengawasan, untuk mengantisipasi beredarnya makanan dan minuman tak layak konsumsi. Tim gabungan tersebut pun akan mengawasi secara ketat peredaran makanan dan minuman, untuk melindungi masyarakat dari bahan makanan tak layak konsumsi.

Sidak dilakukan di pasar tradisional, swalayan, minimarket, dan juga di rest area di wilayah Kabupaten Kendal.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Parno mengatakan, sidak dilakukan untuk memastikan barang-barang kebutuhan pokok penting yang dijual benar-benar aman untuk dikonsumsi.

“Untuk sidak daging di Pasar Kendal, berdasarkan hasil tes lab, daging yang dijual di Pasar Kendal kondisinya layak untuk dikonsumsi,” ungkapnya.

“Sementara untuk barang-barang di swalayan dan minimarket masih ditemukan beberapa barang yang kemasannya rusak, di antaranya biskuit, sarden, minuman ringan dan lainnya. Atas temuan itu kami menegur manajemen swalayan agar menariknya dari display produk,” imbuh Parno.

Sementara, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kendal, Abdul Aziz mengatakan, ada produk yang kemasan yang kalengnya rusak, namun jumlahnya tidak banyak.

“Sedangkan untuk produk yang kadaluarsa, hanya ada satu yang ditemukan, berupa produk teh kotak kecil,” ujarnya.

Azis menambahkan, petugas kemudian mengambil barang-barang yang kemasannya rusak maupun kadaluarsa, kemudian diserahkan kepada bagian kasir agar tidak dijual dan disingkirkan dari tempat rak jualan.

“Kali ini barang yang kemasannya rusak tidak banyak ditemukan dibanding tahun lalu, sedangkan barang yang kadaluarsa hanya satu yang ditemukan, yaitu minuman teh kemasan kecil,” bebernya.(HS)