Jelang Ramadhan, UDD PMI Kota Pekalongan Maksimalkan Kegiatan Donor Darah

 

BATANGPOS.COM – Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pekalongan akan memaksimalkan kegiatan donor darah, untuk mencukupi stok menjelang Ramadan.

Petugas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (PPDDS) Unit Donor Darah PMI Kota Pekalongan, Aji Putro mengatakan selain mengintensifkan kegiatan menghimpun donor darah secara mobile, pihaknya juga membuka layanan 24 jam, untuk donor darah.

Upaya menghimpun stok darah itu, dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan, karena selama Ramadan, stok darah hanya didapat melalui donor yang datang ke UDD.

Selain itu agar donor banyak yang datang ke UDD, pihaknya juga menggencarkan penyebaran pesan ajakan, melalui broadcast Whatsapp.

“Kalau Ramadan, kegiatan mobile keluar itu hampir tidak ada,” kata Aji, dalam bakti sosial donor darah dengan Bank Jateng Kota Pekalongan, Rabu (23/03/2022).

Aji menjelaskan mendekati Ramadan, pelaksanaan donor darah mobile dalam satu hari maksimal digelar di dua tempat. Dalam satu tempat, rata-rata diperoleh minimal 30 hingga 50 kantong darah.

“Kita memaksimalkan kegiatan mobile keluar sebelum Ramadan dan memaksimalkan yang ada di UDD. Kita buka 24 jam. Pelayanan donor tetap kita lakukan, walaupun datangnya di atas jam 9 malam,” lanjut dia, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Sementara itu, berdasarkan data dari UDD PMI Kota Pekalongan, Aji menyebutkan stok darah yang ada masih aman untuk kebutuhan darah kota Pekalongan untuk 4 hingga 5 hari ke depan. (HS-08)