Kakanwil Jateng Berharap Pengawas PAI Beradaptasi dengan Layanan Digital

BATANGPOS.COM, SEMARANG – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag)Provinsi Jawa Tengah, H Mustain Ahmad, berharap kepada pengawas PAI dalam melaksanakan tugas mampu beradaptasi dengan kemajuan tekhnologi yang berkembang saat ini supaya tidak tertinggal. Hal ini diungkapkan Kakanwil pada saat kegiatan pelantikan pengurus Pokjawas PAI Jateng, Selasa, 31 Mei 2022.

“Kalau dulu e (pelayanan elektronik-red) itu sebagai guyonan, (tapi sekarang) kalau e itu tidak kita jawab dengan baik maka kita akan tertinggal, maka kita harus melek teknologi, kita harus beradaptasi dengan layanan-layanan digital yang harus kita hadirkan dalam layanan kita,” harapnya seperti dalam rilisnya, Kamis (2/6/2022).

Selain itu H. Mustain Ahmad menekankan pentingnya pengawas PAI juga ikut bertanggungjawab dalam merawat keberagaman yang ada di masyarakat dengan berbagai cara.

“Kita ini satu keluarga besar Kementerian Agama, kita punya tugas merawat keberagaman, sedemikian banyak tugas kita maka kita mesti fleksibel, cerdik, gesit menghadapi apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab kita,” ungkapnya pada saat memberikan pengarahan kegiatan yang diselenggarakan di Aula Lantai 3 Kanwil Kemenag Provinsi Jateng.

Sementara Amir Mahmud selaku Ketua Pokjawas PAI Jateng yang baru saja dikukuhkan menyampaikan harapan besarnya kepada jajaran pengurus agar Pokjawas dapat digunakan sebagai wahana untuk meningkatkan kompetensi.

“Mari kita Pokjawas ini kita gunakan sebagai wahana untuk meningkatkan kompetensi pengawas, untuk meningkatkan kinerja kita secara optimal sebagai pengawas PAI,” kata pengawas PAI yang saat ini bertugas di Kabupaten Semarang.

Disamping itu ia juga berharap agar komponen PAI dapat bersama-sama dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam kepada peserta didik.

“Mari MGMP, AGPAI, KKG, FKG mari kita bersama-sama bersinergi bergandengan tangan dalam meningkatakan mutu pendidikan agama Islam, khususnya untuk peningkatan keimanan dan keislaman kepada peserta didik,” paparnya.

Hadir dalam kegiatan Kabid PAI Imam Buchori, Pengembang teknologi pembelajaran Arif Hanafi, Ketua MGMP SMA Hery Nugroho, Ketua DPW AGPAII Jateng Moh. Ahsan dan para pengawas PAI se jawa tengah. (HS-06)