Kapolda Jateng Minta Jajarannya Antisipasi Peningkatan Pengunjung di Rest Area

 

BATANGPOS.COM, BREBES – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi SH SSt MK, para Kapolres untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung di rest area tol, terutama saat diberlakukan one way.

Hal itu disampaikan Kapolda Jateng setelah melalui udara, memantau arus balik Lebaran di jalur Tol Pejagan Brebes, Sabtu (07/05/2022). Kunjungan tersebut juga dalam rangka Analisa dan Evaluasi (Anev) Pengamanan Arus Balik Lebaran 2022.

Lebih lanjut, Kapolda Jateng juga mengatakan, bahwa sampai Kamis (5/5/2022), total kendaraan yang sudah melewati Gerbang Tol Kalikangkung, lebih kurang mencapai 62.000 kendaraan.

Angka tersebut terus meningkat, hingga pada Jumat (6/5/2022) malam mencapai 68.000 ribu kendaraan. Dengan demikian jumlah kendaraan arus balik Lebaran yang melalui Tol Kalikangkung, telah mencapai lebih dari 350 ribu kendaraan.

Berdasarkan data tersebut, dia memperkirakan puncak arus balik Lebaran telah terjadi pada Jumat malam.

Namun demikian dia meminta jajarannya untuk tidak mengendurkan upaya pengamanan. Karena pada arus mudik, jumlah kendaraan yang melalui Tol Kalikangkung mencapai 750 ribu unit.

Selain di jalur tol, Kapolda Jateng juga meminta jajarannya untuk tetap mengupayakan keamanan dan kelancaran arus kendaraan di jalan arteri pantura dan jalur alternatif selain tol.

“Meski Prioritas pengamanan pada Jalur Tol namun jalur-jalur lain seperti arteri Pantura dan alternatif atau non tol jangan sampai disepelekan. Siagakan petugas di simpul-simpul kemacetan seperti di jalur Tengah dan Selatan Brebes tetap menjadi prioritas pengamanan,” ujar Kapolda

Sementara itu Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto SIK MSi menyampaikan bahwa kepadatan sempat terjadi di jalur Tol KM 260, KM 248 serta di jalur one way di KM 252 saat pertama diberlakukannya sistem One Way, Jumat (6/5/2022) yang diakibatkan karena banyaknya Kendaraan yang akan masuk ke Rest Area. Kepadatan juga diakibatkan karena beberapa kendaraan yang hendak beralih jalur dari jalur normal (B) ke jalur One Way jalur (A).

Kemudian langkah langkah yang diambil Polres Brebes, adalah berkoordinasi dengan pengelola dan petugas pos pengamanan. Pihaknya juga menambah personel di pos pengamanan di Rest Area KM 260 A dan KM 252 B.

“Setelah dilakukan pengaturan dan melakukan sistem buka tutup di rest area, Alhamdulillah permasalahan dapat diatasi. Arus balik di Jalan Tol yang melewati wilayah Kabupaten Brebes ramai lancar,” kata Kapolres.

Adapun untuk jalur arteri tengah dan selatan Brebes, terjadi antrean dan kepadatan arus hingga wilayah perbatasan Banyumas.

Polres Brebes sudah melakukan One Way lokal sebanyak 3 sampai 5 kali dalam sehari. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Kapolresta Banyumas, untuk melakukan pengaturan sehingga arus dapat berjalan dengan lancar. (HS-08)