Kapolres Purbalingga Minta Pemudik Waspadai Jalur Rawan Kecelakaan

 

BATANGPOS.COM, PURBALINGGA – Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan SIK MH meminta pemudik mewaspadai jalur rawan kecelakaan, terutama Karangreja-Bobotsari. Jalur tersebut rawan, karena secara geografis banyak turunan, terutama setelah melewati bukit di Pemalang.

Hal itu disampaikan Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan SIK MH, ketika bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan unsur Forkompimda lainnya, meninjau posko-posko terpadu Lebaran, Jumat (29/4/2022).

Peninjauan antara lain dilakukan di Alun-alun Purbalingga, rest area di Lambur, Karangreja, rest area Pancasila dekat Koramil Mrebet, dan pospam di Jompo.

“Kami imbau kepada masyarakat kalau bisa gunakan Rest Area Karangreja, untuk beristirahat, mendinginkan mesin dan rem, sehingga saat turun dari Karangreja ke Bobotsari, kondisi pengemudi dan kendaraan lebih prima. Di sini juga tersedia bengkel, pertamini, dan posko kesehatan,” kata dia, seperti dirilis Purbalinggakab.go.id.

Kapolres juga mengimbau pemudik untuk berhati-hati, menjaga kesehatan, dan beristirahat ketika sudah lelah.

“Banyak pospam yang disediakan oleh pemerintah dan TNI-Polri. Silahkan dimanfaatkan,” kata dia.

Kapolres juga menginformasikan, bahwa jalan tol dari Cikampek hingga Kalikakung Semarang diberlakukan oneway. Sehingga masyarakat yang ingin kembali ke barat atau Jawa Barat, harus menggunakan jalan alternatif, sudah disiapkan oleh pemerintah. Ada jalur selatan, jalur tengah dan pantura di bagian selatan.

Sementara itu Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan sejumlah posko terpadu yang didirikan oleh TNI, Polri, dan Pemkab Purbalingga, tidak hanya dapat digunakan untuk beristirahat. Di posko-posko tersebut, masyarakat juga dapat memperoleh pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Di enam titik posko terpadu gabungan TNI – Polri dan Pemkab Purbalingga kami sediakan gerai vaksinasi, karena salah satu syarat mudik adalah vaksin booster. Jadi kami integrasikan dan ini cukup efektif. Sehingga diharapkan nantinya arus mudik tidak berdampak pada peningkatan kasus Covid-19,” kata Bupati.

Berdasarkan hasil pemantauan petugas, arus mudik di posko, sampai hari ini lalu lintas terpantau ramai lancar. Bahkan sampai hari ini tidak ada kejadian-kejadian signifikan dan laka lantas. Bupati berharap sampai Lebaran dan setelah Lebaran ini kondisi arus mudik tetap berjalan dengan lancar, tidak ada kecelakaan dan juga bencana alam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, dr Jusi Febrianto MPH mengungkapkan posko kesehatan ditempatkan di empat lokasi, yaitu di Karangreja, Ngebrak (Bukateja), Jompo, dan Terminal.

“Itu semua di perbatasan, ketika pemudik belum vaksin, bisa kami layani vaksinasi. Kami juga memberi pelayanan kesehatan, misal ada yang sakit atau permasalahan kesehatan bisa diperiksa. Petugasnya ada satu dokter, satu perawat, dan sopir dan satu ambulans,” kata Jusi. (HS-08)