Kemendagri Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak di 32 Desa di Batang

 

BATANGPOS.COM, BATANG – Sebanyak 32 desa di 14 kecamatan di Kabupaten Batang, Minggu (29/5/2022), menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap pertama.

Kapolres Batang AKBP M Irwan Susanto, mengatakan selama pelaksaan Pilkades berlangsung kondusif. Hal itu berdasarkan pantauannya baik secara daring maupun langsung di lokasi Pilkades.

Sebelumnnya, pihaknya menerjunkan sekitar 400 personel untuk melakukan pengemanan. Mereka terdiri atas unsur Polres, Brimob, TNI, Satpol PP, Linmas, dan Kesbangpol.

Kapolres juga mengatakan intelejen dari TNI dan Polri, sebelumnya juga telah memetakan zona-zona rawan gangguan kamtibmas.

“Anggota kami sudah ada tersebar di masing-masing zona. Masyarakat Batang dapat bekerja sama dengan menjaga komitmen, termasuk para calon kades yang sudah mendeklarasikan Pilkades Serentak Damai,” tegasnya.

Dengan kolaborasi ini dipastikan dapat menjaga kondusivitas. Petugas Brimob juga disiagakan untuk menjaga keamanan termasuk saat penghitungan suara.

“Jika ada permasalahan di lapangan dipersilakan pengaduan sesuai aturan,” imbuhnya.

Sementara itu, penyelenggaraan pilkades di Batang ini juga dipantau oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, melalui Webinar Pemantauan Pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak Gelombang I.

Kasubdit Fasilitasi Administrasi Pemerintah Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa, Ratna Andriani, mengatakan dalam pilkades di era pandemi, pemerintah telah mengeluarkan beberapa regulasi, agar pilkades tetap terlaksana dengan baik dan lancar.

Dia juga mengemukakan bahwa saat ini, masih ada risiko penularan beragam penyakit, termasuk Covid-19. Karena itu dia meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara benar.

“Untuk Kabupaten Batang dalam pelaksanaan Pilkades dapat digelar karena sudah berada di Level 2,” kata dia, saat menyampaikan arahan secara virtual, yang diikuti jajaran Pemkab Batang, dari Ruang Comand Center.

Lebih lanjut Ratna Andriani mengatakan, harus ada koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholder, terkait pelaksanaan pilkades serentak di 10.915 desa, yang tersebar di 175 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia, agar dapat berjalan lancar.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengatakan, pelaksanaan Pilkades Serentak tahap 1 ini, digelar di 14 kecamatan, diikuti 32 desa dan 81 calon Kepala Desa.

“Sosialisasi terus digelar di tingkat desa agar pelaksanaan Pilkades berjalan lancar, termasuk penerapan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dari 32 desa ada 8 desa yang rawan potensi perselisihan saat pelaksanaan Pilkades. Namun pihak Polres memastikan kondusivitas saat pelaksanaan Pilkades.

Camat Batang Laksono Pramudito menerangkan, Pemerintah Desa Kalipucang Kulon bersama Forkopimcam memantau bahwa pelaksanaan Pilkades berjalan lancar. (HS-08)