Kemenkumham Jateng Bakal Buka Layanan Pengurusan Hak Kekayaan Intelektual di MPP Blora

 

BATANGPOS.COM, BLORA – Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng dalam waktu dekat akan membuka layanan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Blora.

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) oleh Bupati Blora, Arief Rohman dan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin, telah dilaksanakan Selasa (21/6/2022), di gedung Weeskamer Kemenkumham, Kota Lama Semarang.

“Bismillah hari ini kita melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin. Dengan penandatanganan nota kesepahaman ini, dalam waktu dekat Kemenkumham Jateng akan membuka layanan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Blora,” kata Bupati Arief, seperti dirilis blorakab.go.id, Selasa (21/06.2022).

Menurutnya, saat ini masih banyak produk kerajinan dan UKM Blora yang belum di HKI-kan atau dipatenkan, sehingga masih ada potensi ditiru atau dijiplak pihak lain.

Dengan hadirnya pelayanan HKI di MPP. nantinya bisa mendukung kepastian hukum produk kerajinan dan UKM di Kabupaten Blora.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin menyatakan senang atas jalinan kerja sama yang dilakukan dengan Pemkab Blora.

Dia mengemukakan, di Jawa Tengah kaya potensi kerajinan, produk UKM dan merek dagang yang potensial menembus pasar ekspor. Hanya saja masih banyak yang terkendala dengan kepengurusan HKI -nya yang meliputi hak cipta, hak paten, merk dagang dan lainnya.

Sehingga, lanjut A Yuspahruddin, pihaknya terdorong untuk mempermudah pelayanan HKI hingga tingkat Kabupaten. Salah satunya dengan Blora.

“Semoga nanti bermanfaat untuk sektor kerajinan, UKM dan industri dagang di Kabupaten Blora,” terangnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora, Bondan Arsiyanti menyampaikan, pembukaan pelayanan HKI oleh Kanwil Kemenkumham Jateng ini akan segera ditindaklanjuti usai penandatanganan nota kesepahaman.

“Segera, setelah sarprasnya kita siapkan di MPP. Langkah awal akan kita kirimkan SDM di DPMPTSP untuk mengikuti pelatihan yang akan dilaksanakan langsung oleh Kanwil Kemenkumham,” ungkap Bondan Arsiyanti.(HS-08).