Kemenpan RB Harapkan MPP Klaten Jadi One Stop Service Area

 

BATANGPOS.COM – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Klaten, diharapkan mampu menjadi one stop service area, atau tempat pelayanan terpadu satu pintu dari beberapa instansi.

Harapan itu disampaikan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, Diah Natalisa, ketika mengecek pembangunan MPP Klaten, Kamis (24/03/2022).

Dalam kunjungan itu, Diah Natalisa memberikan sejumlah masukan, termasuk di antaranya mengenai detail layout, untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

Menurut dia, layout pelayanan jangan mengelompok, sehingga pengunjung merasa lebih nyaman.

“Kami (Kemenpan RB) menyarankan beberapa detail dan teknis, yang berkaitan dengan layout. Kemudian karena MPP ini tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sebagai one stop service area, tidak hanya kita bicara kecepatan, keakuratan data, akuntabilitas, tetapi juga kenyamanan,” kata dia, seperti dirilis Klatenkab.go.id

Ia juga berharap pelayanan jadi semakin baik, tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan tetapi juga kebahagiaan warga pada saat dilayani. Sehingga masyarakat cukup di satu tempat. Masyarakat tidak hanya mendapatkan informasi, tetapi juga mendapatkan output berupa pelayanan.

“Harapan kami dengan perbaikan layanan publik, kepercayaan masyarakat terhadap kita jadi semakin baik, investasi semakin meningkat, dan gilirannya akan membawa kesejahteraan kepada masyarakat,” kata dia.

Sementara Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya menjelaskan MPP merupakan tempat berlangsungnya kegiatan pelayanan publik. Nantinya masyarakat, pelaku usaha, dan investor akan lebih mudah, cepat, aman, serta nyaman dalam memperoleh pelayanan dari pemerintah.

“Beberapa tahapan sudah kami lakukan. Jadi dengan pengadaan mal pelayanan ini, ditujukan untuk mempermudah pelayanan dan memanjakan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Klaten, dalam mengurus berbagai macam perizinan seperti izin usaha, izin mendirikan bangunan, perpanjangan SIM, dan lainnya. Keuntungan yang diperoleh semuanya akan terlebih efektif dan efisien. Didukung dengan lokasi yang strategis, mudah diakes oleh masyarakat,” kata dia. (HS-08)