Ketua DPRD Kendal Membuka Kegiatan Lomba Rangkaian Harlah GP Ansor ke-88

BATANGPOS.COM, KENDAL – Ketua DPRD Kabupaten Kendal Muhammad Makmun membuka kegiatan lomba dalam rangka Harlah Gerakan Pemuda (GP) Ansor ke-88 di Lapangan Tambaksari Kecamatan Rowosari, Sabtu (25/6/2022).

Berbagai kegiatan lomba yang dirangkai Creatif Festival tersebut terdiri dari lomba baris-berbaris, lomba menyanyikan mars Ansor dan Banser, juga lomba Hadroh.

Muhammad Makmun dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Creative Festival yang digelar PC GP Ansor Kabupaten Kendal dalam rangka Harlah Ansor ke-88 dan menyambut satu abad Nahdlatul Ulama (NU).

“Kami sangat mendukung kegiatan lomba-lomba dalam rangka Harlah GP Ansor ke-88. Mudah-mudahan dengan digelarnya even ini bisa menggali minat, bakat dan menyalurkan bakat-bakat kader Ansor di Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Makmun juga mengajak para pengurus cabang maupun anak cabang GP Ansor untuk terus membentuk karakter pemuda yang cinta kepada nangsa dan negara.

“Yang taat pada fatwa-fatwa Kiai, karena bagaimanapun kita faham betul bahwa hari ini aksi-aksi intoleransi masih ada di beberapa daerah sekitar kita,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Politikus PKB tersebut juga mengungkapkan, dirinya teringat saat tahun 1996 menjadi Ketua PAC Ansor Kecamatan Kangkung.

“Saya ingat betul pada waktu itu hingga sekarang. Untuk itu saya sampaikan, bahwa saya bisa menjadi seperti sekarang ini ya jadi kader Ansor dan berkat Ansor,” ungkap Makmun yang diiringi tepuk tangan hadirin.

Makmun juga menegaskan, para kader Ansor maupun Banser yang telah dididik dengan kegiatan Diklatsar, bertujuan untuk membentuk kader yang toleran, yang tangguh dalam membentengi NKRI dan juga Nahdlatul Ulama.

“Kegiatan Diklatsar adalah upaya konkrit dari kami Gerakan Pemuda Ansor untuk membentuk karakter pemuda yang toleran, pembentuk karakter pemuda yang mengayomi, pembentuk karakter pemuda yang cinta kepada bangsa dan negara,” tandas Makmun.

Dirinya berharap, ke depannya ini terus menjadi sebuah kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak positif terhadap semangat.

“Dalam rangka membangun dan mempertahankan aliran ahlussunnah wal jamaah yang ada di Nahdlatul Ulama,” imbuh Makmun.

Sebelumnya, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kendal, Misbachul Munir mengatakan, kegiatan hari ini merupakan rangkaian Harlah Ansor ke-88 yang dibuka Bupati pada Senin (6/6/2022) lalu.

Dan hari ini menurutnya sebagai puncak kegiatan dalam rangkaian Harlah Ansor ke 88 tahun 2022, yang mana seluruh komponen dan kontingen akan dipertemukan dalam tiga cabang lomba.

“Yakni lomba baris-berbaris, lomba menyanyikan mars Ansor dan Banser, serta lomba Hadroh. Puncaknya nanti malam dengan menghadirkan majelis sholawat,” papar Gus Misbach.

Sekretaris Panitia Pelaksana Harlah Ansor ke-88, Mahmud yang juga menjabat Sekretaris Desa Tambaksari menjelaskan, acara puncak Harlah GP Ansor dipusatkan di desanya.

Untuk lomba baris berbaris diadakan di Lapangan Tambaksari. Sedangkan untuk lomba mars, digelar di Aula Balaidesa Tambaksari dan lomba Hadroh di serambi Masjid setempat.

“Hari ini juga ada laga final lomba sepakbola antar PAC Ansor, dengan mempertemukan PAC Patean melawan PAC Pageruyung,” tukas Mahmud. (HS-06)