Kodim 0715/Kendal Bagi-Bagi Sembako, Ingatkan Masyarakat Ancaman Paham Radikal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Keluarga Besar TNI Semester I TA 2022 Kodim 0715/Kendal menyelenggarakan Komsos dengan tema “TNI AD dan keluarga besar TNI satu komitmen menjaga pancasila dan NKRI”, di Balai Desa Kartikajaya, Kecamatan Patebon, Jumat (29/4/2022).

Acara dihadiri, Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, Pasiter Dim 0715/Kendal, Lettu inf Nurwanto, Danramil 02/Patebon, Kapten Inf Subowo.

Acara yang diikuti 75 warga Desa Kartikajaya tersebut juga dihadiri Kepala Desa Kartikajaya, Budi H, Ketua PEPABRI, PPAD Kabupaten Kendal, Kolonel (Purn) Agus Tumirin, serta perwakilan dari Persit dan Perib.

Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Jenry Polii dalam sambutannya mengingatkan masyarakat Kendal akan ancaman masuknya paham radikal dan banyaknya aksi sparatisme di beberapa wilayah di Indonesia. Dikatakan, dalam perkembangan situasi global dan internasional yang ada saat ini, telah membawa dampak meningkatnya paham radikal dan sparatisme.

Menurutnya, kondisi sosial masyarakat Indonesia yang memiliki latar belakang suku, agama, ras, serta budaya yang berbeda dan pesatnya perkembangan teknologi digital, memungkinkan semakin tumbuh dan berkembangnya paham radikalisme dan separatisme. Sampai menjadi suatu tindakan aksi terorisme dan separatisme yang terjadi di wilayah Indonesia.

“Hal yang berkembang saat ini paham radikal kanan, radikal kiri, dan radikal lainnya yang diimplementasikan dalam bentuk gagasan, separatis, milisi, premanisme serta teroris. Hal tersebut harus diantisipasi oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Kendal,” ujar Dandim.

Ditegaskan, ancaman radikalisme sudah pada kondisi yang memprihatinkan, di mana pemahaman terhadap nilai-nilai wawasan kebangsaan yang diwujudkan dalam empat konsensus dasar kebangsaan sudah mulai luntur di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Semakin memudarnya pemahaman akan toleransi keagamaan, sehingga akan menimbulkan berkembangnya paham-paham radikalisme dan sparatisme yang dapat mengancam kelangsungan hidup bangsa dan negara untuk menghadapi kondisi yang ada,” tandas Lerkol Inf Jenry Polii.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian paket sembako dari Kodim 0715/Kendal, penyerahan secara simbolis kepada 75 warga. Paket diantaranya berisi beras lima kilogram, gula pasir satu kilogram, dan teh.(HS)