Kodim 0715/Kendal Kembali Canangkan Kampung Pancasila

BATANGPOS.COM, KENDAL – Kegiatan pecanangan Kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian masyarakat dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, tujuannya untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada warga supaya mengingat dan melaksanakan kembali apa saja yang sudah tertuang dan tercantum dalam Pancasila.

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii saat meresmikan Desa Tejorejo Kecamatan Ringinarum sebagai Kampung Pancasila, Jumat (12/8/2022).

Untuk itu, lanjutnya, pembinaan harus terus dilakukan salah satunya dengan pembentukan Kampung Pancasila. Sebab di desa masyarakatnya begitu beragam.

“Sehingga apabila tidak dibina dengan baik, dikhawatirkan ada oknum yang ingin memecah belah, akan mudah sekali terjadi gesekan antar warga,” tandas Dandim.

Letkol Inf Jenry Polii mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi atas inisiatif Pemerintah Desa Tejorejo yang sudah berinsiatif mengajukan diri sebagai Kampung Pancasila.

“Pancasila adalah dasar negara kita, jadi harus kita jaga dan pertahankan. Pancasila tidak hanya sebatas kita hafalkan saja, tetapi harus kita amalkan nilai nilai yang terkandung di dalamnya. Ini demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tandasnya.

Dandim juga menjelaskan, di wilayah Kendal, total sudah ada 18 Kampung Pancasila yang diresmikan, termasuk di dalamnya Desa Tejorejo.

“Hari ini kita resmikan Desa Tejorejo di Kecamatan Ringinarum sebagai Kampung Pancasila. Sedangkan dari Kodim sendiri sudah mencanangkan 17 kampung sesuai jumlah Koramil di jajaran Kodim Kendal,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama turut dibagikan seratus bendera merah putih, yang secara simbolis di serahkan oleh Dandim 0715/Kendal kepada perwakilan masyarakat setempat.

Sementara kepala desa Tejorejo, Murtijoso, menyampaikan ungkapan Terima kasih kepada Dandim 0715/Kendal beserta jajaran, yang sudah hadir langsung di Desa Tejorejo.

Dengan diresmikannya Kampung Pancasila ini, dirinya berharap, warga bisa hidup berdampingan secara rukun damai, aman dan tentram, demi untuk kemajuan desa.

“Semoga dengan peresmian ini, masyarakat kami semakin mendalami dan mengamalkan nilai nilai Pancasila. Sehingga semakin mempererat persatuan dan kesatuan,” ungkap Murtijoso. (HS-06)