Kodim 0746/Batang Rehab Rumah Tidak Layak Huni Warga di Gringsing

BATANGPOS.COM, BATANG – Kodim 0736/Batang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batang melaksanakan Program Bantuan Bina Lingkungan Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di wilayah Kabupaten Batang.

Rumah yang dibangun adalah milik keluarga Slamet Lilyk, warga Dukuh Siklayu RT 2 RW 1 Desa Sidorejo Kecamatan Gringsing.

Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, bersama perwakilan dari Dinsos Kabupaten Batang Fudiastuti menyerahkan kunci rumah kepada Slamet Lilyk, sekaligus menyerahkan bingkisan kepada anak stunting di dukuh setempat, Senin (4/7/2022).

Sebelum penyerahan kunci rumah, Dandim Batang berpesan, supaya Slamet Lilyk sekeluarga dapat merawat dan menjaga rumah yang telah dibangun Kodim 0736/Batang.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi keluarga bapak Slamet Lilyk. Saya pesan supaya dirawat sebaik-baiknya. Karena ini adalah program Karya Bhakti TNI untuk Pengabdian Negeri,” terang Dandim.

Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menambahkan, rehab rumah tidak layak huni ini sebagai perpanjangan dari kerjasama TNI AD dengan pihak Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa.

“Sehingga bisa teralisasi satu unit rumah tidak layak huni yang kita rehab. Hal ini tak lepas dari perhatian Babinsa Koramil 03/Gringsing, yang telah memberikan laporan kepada kami adanya RTLH di wilayah ini,” kata Dandim.

Ditegaskan, rehab RTLH ini sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat. “Semoga bisa bermanfaat bagi keluarga Bapak Slamet Lilyk dan dapat tidur lebih nyaman dirumah yang baru,” ungkap Letkol Inf Ahmad Alam Budiman.

Sementara itu, Kepala Desa Sidorejo, Supeno mengungkapkan, sebagai kepala desa dirinya merasa bersyukur, kegiatan bhakti sosial pembangunan rumah RTLH salah satu warganya ini telah terlaksana.

“Dalam satu minggu pelaksanaan rehab ini di bantu oleh tukang dan masyarakat sekitar untuk menyengkuyung sehingga pelaksanaan Karya Bhakti dapat berjalan dengan lancar sesuai yang kita harapkan semua,” ungkapnya.

Supeno juga menjelaskan, Desa Sidorejo yang berada di daerah pesisir pantai utara jawa dan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kendal, mayoritas warga Dukuh Siklayu Desa Sidorejo 85 persen nelayan.

Slamet Lilyk pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Batang dan Kodim 0736/Batang, yang telah merehab rumahnya sehingga menjadi layak huni dan nyaman.

Ia mengaku, dengan kondisi perekonomiannya, sangat sulit untuk memperbaiki rumah yang ia huni.

“Alhamdulillah dengan bantuan dari TNI ini, rumah kami yang sebelumya tidak layak dihuni, kini menjadi lebih baik. Mudah-mudahan program ini bisa berlanjut untuk tetangga saya” ungkap Slamet Lilyk. (HS-06)