Komunitas UMKM Kabupaten Pekalongan Akan Kenalkan Produk Melalui Gelar Karya

 

BATANGPOS.COM, PEKALONGAN – Pegiat UMKM dari wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang, dan Pemalang, akan berkumpul dan mengenalkan produk mereka dalam Gelar Karya 2022, Kamis (9/6/2022).

Acara yang diinisiasi oleh kelompok UMKM Kabupaten Pekalongan ini, akan dilaksanakan di Margo Mulyo Caffe, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Hal itu disampaikan wakil dari komunitas UMKM Kabupaten Peklaongan, Elie Kartika, ketika memenuhi undangan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ).

Kehadirannya adalah dalam rangka memperkenalkan produk-produk dari pegiat UMKM Kabupaten Pekalongan, yang sudah masuk ke dalam Aplikasi Belanja Langsung Lewat Toko Online (Blangkon) Jawa Tengah.

Dia menyebut, sebanyak 142 pedagang sudah tergabung dalam aplikasi Blangkon. Mereka terdiri atas berbagai sektor, seperti batik hingga penjual jasa service AC dan fotokopi.

“Untuk teman-teman yang sudah tergabung dalam aplikasi Blangkon, ada 142 yang meliputi batik sudah siap, kuliner, alat kesehatan, kerajinan, maintenance sampai alat membutuhkan service berkala seperti AC,” kata Elie Kartika, seperti dirilis pekalongankab.go.id.

Acara Gelar Karya tersebut, nantinya ada mini bazar, sehingga para pegiat UMKM atau penjual diwajibkan membawa produknya, untuk dipamerkan dan dijual, sehingga apabila pengunjung tertarik, bisa membeli langsung di tempat.

Pameran produk akan dikemas dengan menarik, seperti adanya fashion show sebagai sarana untuk menampilkan produk pakaian. Selain pameran produk, nantinya akan ada pelatihan foto produk sebagai upaya mempersiapkan diri dalam menyambut era berjualan melalui daring.

“Di situ nantinya ada foto produk juga, karena kita tahu sekarang kan jamannya online. Kita nggak mungkin foto produk kita asal-asalan, harapannya pada acara tanggal 9 besok kita ingin lebih siap kita ingin naik kelas,” kata Elie, saat diwawancarai tim RKS.

Elie juga menjelaskan alasan kerja samanya dengan daerah lain, adalah agar produk-produk UMKM Kabupaten Pekalongan, bisa lebih dikenal dengan cara memperluas jaringan. Dengan demikian kesempatan meraih kesuksesan lebih terbuka. (HS-08)