KPU Grobogan: Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil PDPB Sebanyak 1.114.674 Pemilih

BATANGPOS.COM, GROBOGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan telah melakukan rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan periode bulan Mei 2022 dengan jumlah sebanyak 1.114.674 pemilih, yang tersebar dari 19 kecamatan.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan adalah kegiatan untuk memperbaharui data pemilih berdasarkan Daftar pemilih tetap dari Pemilu atau Pemilihan terkahir dan telah disinkronisasikan dengan data kependudukan secara nasional.

Menurut Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Grobogan, M Machruz, tujuaan dari PDPB ini di antaranya untuk memelihara, memperbaharui, dan mengevaluasi DPT terakhir secara terus menerus dan berkelanjutan, yang nantinya digunakan untuk penyusunan DPT Pemilu berikutnya.

“Rekap bulan April kemarin ada 1.114.525 pemilih. Kemudian kami menerima masukan dari beberapa stakeholder yang kemudian kami lakukan pencermatan dan hasil rekap bulan mei ini sebanyak 1.114.674 pemilih,” jelas Machruz.

Pihaknya juga mengungkapkan, masyarakat bisa melakukan pelaporan dan tanggapan terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan datang langsung ke kantor KPU Grobogan, atau bisa secara online melalui website resmi KPU Grobogan dan aplikasi mobile lindungihakmu.(HS)