Kultur Kendal Religius Harus Dipertahankan, Wakil Bupati Dukung Pembangunan Majelis Taklim di Rowosari

BATANGPOS.COM, KENDAL – Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengikuti acara peresmian peletakan batu pertama Majelis Taklim Roudhotul Muta’alimin di Desa Tanjungsari Kecamatan Rowosari, Rabu (6/7/2022).

Acara peresmian juga dihadiri Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun bersama Wakil Ketua DPRD, Ainurrochim, para Kiai dan Alim Ulama, serta Kepala Desa Tanjungsari, Sugiyanto.

Windu Suko Basuki mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya pembangunan Majelis Taklim Roudhotul Muta’alimin.

Dirinya juga berharap, majelis taklim yang diresmikan ini, bisa mencetak generasi muda yang Islami, sehingga Kabupaten Kendal benar-benar menjadi Kota Santri.

“Tentu ini hal yang positif dan menjadi ciri khas warga masyarakat Kabupaten Kendal. Dalam berlomba-lomba membangun majelis taklim, pondok pesantren dan sebagainya. Tercatat ada 300 an lebih pesantren di Kabupaten Kendal. Tentu, idealnya dari 286 desa, di tiap-tiap desa ada pesantrennya,” ungkap Wabup yang akrab disapa Pakde Bas.

Selain itu, Wabup juga menyebut, kultur masyarakat Kabupaten Kendal berbeda dengan kabupaten yang lain, tentu harus dilestarikan.

“Kendal yang Islami, Kendal yang religius, ini yang harus kita pertahankan. Semoga pembangunan majelis taklim ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan silaturahmi ini bisa terjalin dengan semakin baik ke depannya,” imbuh Pakde Bas.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjungsari, Sugiyanto mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Kendal dalam acara peresmian Gedung Majelis Taklim Roudhotul Muta’alimin di desanya.

“Terima kasih kepada bapak Wabup Kendal dan bapak Ketua DPRD yang sudah hadir dalam peresmian majelis taklim ini. Semoga dengan dibangunnya majelis taklim ini, bisa bermanfaat bagi anak-anak di Desa Tanjungsari,” ungkapnya.

Sementara itu, Bidang Pembinaan Majelis Taklim Roudhotul Muta’alimin, Ariyanto menambahkan, pembangunan majelis taklim ini mengambil lahan 4 meter x 20 meter, rencananya terdiri dari dua lantai.

“Insya Allah dibangun dua lantai. Lantai atas ada enam kamar untuk pondokan para santri. Untuk lantai bawah untuk aula mengaji anak-anak SD sampai SMP,” terangnya.

Untuk anggaran, menurut Ariyanto, pembangunan majelis taklim dua lantai ini menelan biaya hingga Rp 500 juta.

“Sumber dana Alhamdulillah ada dari aspirasi dan swadaya masyarakat, juga bantuan dari wali santri. Selain itu juga ada bantuan CSR dari beberapa perbankan. Insya-Allah ini bisa cepat selesai,” ungkapnya. (HS-06).

Wabup Kendal, Windu Suko Basuki meletakkan batu pertama Pembangunan Majelis Taklim Roudhotul Muta’alimin di Desa Tanjungsari Kecamatan Rowosari, Rabu (6/7/2022).