Kunjungi BUMdes Gemilang Blulukan Karanganyar, Ketua Komisi V DPR RI Tekankan Semangat Kebersamaan

 

BATANGPOS.COM – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus dikelola dengan semangat kebersamaan dan pemberdayaan, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi V DPR RI, H Andi Iwan Darmawan Aras, dalam kunjungan kerjanya ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gemilang, Desa Blulukan, Colomadu, Karanganyar, Kamis (24/3).

Menurut dia, untuk mengembangkan BUMDes, diperlukan pendampingan. Karena itu dia memberikan apresiasi atas pendampingan untuk memajukan BUMDes, yang dapat memperkuat kemandirian warga desa.

“BUMDes harus dikelola dengan semangat kebersamaan, kegiatan pemberdayaan desa harus menyejahterakan warga desa,” kata Andi Iwan Darmawan, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id.

Direktur BUMDes Gemilang, Agus Triyanto mengatakan BUMDes Gemilang, saat ini memiliki empat unit kerja, yaitu pengolahan sampah, konfeksi, perikanan, dan pertanian.

Dari empat unit kerja itu, yang pertama diwujudkan adalah konfeksi. Unit kerja itu menghasilkan produk, seperti kemeja batik, daster, celana, kaos, souvenir, tas, dan dompet.

“Pemasaran dari produk ini dilakukan secara online, bisa cek di website dan Shopee,” kata Agus Triyanto.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sundoro, Budi Karyanto SSos, mewakili Bupati Karanganyar, berharap BUMDes bertransformasi.

“BUMDes Gemilang Desa Blulukan ini sudah berkembang sesuai harapan, sudah ada empat unit yang menjadi sasaran dan berjalan dengan baik walaupun ada suka dan dukanya,” kata Kepala Dispermades, Sundoro Budi Karyanto. (HS-08)