Kunjungi Pasar Krempyeng Rejo Karangboyo, Wabup Blora Ajak Warga Beli Produk UMKM

 

BATANGPOS.COM, BLORA – Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST MM, mengajak warganya membeli produk lokal, termasuk dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dengan cara itu, perekonomian masyarakat, terutama UMKM juga akan ikut bangkit, setelah lebih kurang dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Ajakan itu disampaikan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ketika berkunjung ke Pasar Krempyeng Rejo yang ada di Kelurahan Karangboyo, Kecamatan Cepu,  Minggu (27/3/2022).

Wabup menyatakan sangat mengapresiasi pendirian Pasar Krempyeng Rejo di Kelurahan Karangboyo, yang tidak jauh dari Hotel Ammi ini. Menurutnya, pasar ini merupakan wujud kebangkitan ekonomi masyarakat pasca pandemi.

“Selain kebangkitan ekonomi, juga membangkitkan sektor UMKM yang ada di Karangboyo dan sekitarnya. Yang penting tetap prokes dan jaga kebersihan lingkungan setelah berjualan nggih. Kami bersama Pak Bupati, siap mendukung adanya Pasar Krempyeng Rejo ini. Semoga ini menjadi contoh untuk kelurahan dan desa lainnya,” kata Wabup Tri Yuli, seperti dirilis blorakab.go.id.

Pasar krempyeng seperti ini, menurutnya juga bisa menjadi ajang silahturahmi masyarakat. Selain itu juga bisa menjadi tempat, untuk membeli makanan-makanan khas setempat.

“Ayo kita borong bersama, dari kira untuk kita. Ayo kita beli produk lokal, produk asli Kabupaten Blora,” kata dia.

Dalam kunjungan itu, Wabup juga mendapat suguhan pentas seni barongan Krido Mudo dari Dukuh Tambakwatu, Karangboyo. Tampak hadir juga Sekcam Cepu, dan Lurah Karangboyo. Masyarakat tampak antusias mengikuti gelaran Pasar Krempyeng ini.

Dia juga antusias berkeliling memantau aktivitas jual beli produk UMKM yang dilakukan masyarakat, sembari ikut berbelanja dan menikmati sarapan.

Dengan didampingi sang suami, Yusuf Ismail, Mbak Etik membeli sejumlah ikan asap dan kudapan tradisional berupa aneka macam gethuk.

Rupanya di Pasar Krempyeng Rejo ini, banyak disajikan berbagai menu makanan produksi masyarakat Karangboyo, seperti garang asem, nasi pecel, nasi kuning, sayur khas pedesaan, serabi, gado-gado, mainan anak, aneka kue tradisional dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan seni Tari Barong yang merupakan kesenian khas Blora. Sebagai langkah mengenalkan kesenian barong ke masyarakat, dan menjadi daya tarik tersendiri di Pasar Krempyeng.

Ardy Afandi, salah satu penggagas Pasar Krempyeng Rejo bersama Karang Taruna Bhakti Muda Mandiri, mengatakan kepada Wakil Bupati bahwa kegiatan ini dimulai sejak 9 Januari 2022 dan buka setiap hari Minggu.

“Awal buka dahulu hanya sekitar 30 pedagang, sekarang setelah tiga bulan mencapai 60 pedagang lebih. Semua pedagang adalah warga Karangboyo. Setiap Minggu buka 05:30 WIB sampai 10:00 WIB. Sedangkan bulan depan, saat Ramadan, rencananya akan kita buka sore menjelang buka puasa. Terima kasih Bu Wabup, yang telah bersedia hadir untuk berbelanja dan memberikan motivasi kepada warga Karangboyo,” ungkap Ardi. (HS-08)