Lansia Korban Rob Mendapatkan Layanan Kesehatan Jemput Bola dari Puskesmas

BATANGPOS.COM, KENDAL – Sudah seminggu lebih air rob menggenangi wilayah RW 5 di Kelurahan Karangsari. Itu membuat banyak warga di sana terkena gatal-gatal, pusing, pegal-pegal, sakit mata merah, serta kutu air di kaki (rangen).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Puskesmas Kendal II memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada warga yang terdampak banjir rob di Karangsari.

Pelayanan gratis dari Puskesmas Kendal II, dipusatkan di TPQ Al Irsyad. Petugas juga jemput bola terhadap lansia.

Para petugas medis dari Puskesmas harus menggunakan sepatu bot untuk mengecek dan memberi layanan kesehatan.

Lantaran kondisi jalan masih tergenang air, warga juga masih tetap bertahan di rumah masing-masing sejak air rob merendam tempat tinggal mereka pada Senin (23/5/2022) lalu.

“Banyak warga yang gatel di kaki, terus ngeluh pegel-pegel karena ngepel dan bersih-bersih setiap hari,” kata Kepala Tata Usaha Puskesmas Kendal 1, Nur Khuroeriyah, Jumat (27/5/2022).

Dirinya menjelaskan, pelayanan pengobatan gratis ini akan berlangsung tergantung kondisi rob.

Selain itu, petugas juga menyiapkan obat-obatan seperti antibodi, salep, antibiotik, obat batuk, serta obat mata.

“Posko kesehatan sementara dijadwal hari ini. Nantinya kita lihat keadaan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga terdampak rob lagi,” terangnya.

Sementara menurut pengakuan warga terdampak rob, Sujinah (52), warga terdampak rob mengaku, mulai terkena kutu air di kaki.

Dirinya juga tidak bisa mengikuti pelayanan kesehatan yang dipusatkan di TPQ. Untuk itu, Sujinah merasa bersyukur ada petugas kesehatan mendatangi kediamannya yang masih terendam air.

“Ini saya baru operasi jadi gak bisa datang ke pusat layanan. Yang saya rasakan akibat rob ini ya gatel-gatel di kaki. Alhamdulillah ada layanan dari Puskesmas yang datang ke rumah saya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Bahari, Kelurahan Karangsari, Imam Purwanto mengatakan, adanya pelayanan kesehatan ini karena banyaknya keluhan warga yang merasakan gatal-gatal.

Pelayanan ini untuk warga RT 01 hingga RT 09 RW 05. Bukan hanya itu, dirinya juga mengaku banyak mendapat keluhan dari warga.

“Sehingga kami berinisiatif melaporkan kepadq Lurah dan diteruskan ke Puskesmas. Alhamdulillah banyak warga yang merasakan manfaat pelayanan kesehatan gratis ini,” ujarnya. (HS-06)