Lantik 15 Pejabat Fungsional, Pj Bupati Jepara Tekankan Masalah Kebersihan

 

BATANGPOS.COM, JEPARA – Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menekankan jajarannya untuk memperhatikan lebih serius persoalan kebersihan, terlebih pada Juli 2022 ini akan ada penilaian Adipura.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dalam acara pelantikan 15 pejabat fungsional Pemkab Jepara, di Ruang Sosrokartono, Minggu (29/5/2022). Pelantikan tersebut menjadi yang pertama kali dilakukan, setelah dirinya tugaskan di Jepara.

Hadir mendampingi dalam pelantikan itu Sekda Edy Sujatmiko, Asisten Administrasi Umum Sekda Mudrikatun, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan Kepala Perangkat Daerah terkait.

Lebih lanjut dia mengatakan masalah kebersihan dan penanganan sampah harus menjadi perhatian serius. Karena itu dia mengajak Kepala Perangkat Daerah dan masyarakat, untuk menjaga kebersihan Kota Ukir.

Jajarannya juga diminta untuk melakukan woro-woro ajakan menjaga kebersihan, secara rutin sampai tingkat kecamatan hingga desa. Tujuannya agar Jepara bersih, beriman, dan sehat.

“Saya tegaskan kepada Kepala Perangkat Daerah, sampaikan ajakan menjaga kebersihan kepada masyarakat dari Pemerintah Kabupaten, tingkat kecamatan hingga tingkat desa. Jadikan Kabupaten Jepara bersih, sehat, dan indah,” kata dia, seperti dirilis jepara.go.id.

Sementara itu terkait 15 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara yang dilantik, Edy Supriyanta mengatakan jabatan fungsional merupakan jabatan yang strategis.

Jabatan fungsional berbeda dengan jabatan struktural. Jabatan ini melekat pada profesi dan mandiri. Kenaikan jabatan juga tidak tergantung pada masa kerja, tapi lebih kepada angka kredit pegawai.

Meski berstatus fungsional, Edy berharap tetap menjaga profesionalitas dan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat merasa nyaman, juga diperhatikan oleh pemerintah.

“Jabatan ini adalah amanah yang harus kita pertanggungjawabkan. Jadi berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Adapun 15 pejabat fungsional yang dilantik, terdiri atas empat penata kelola perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim); satu orang fungsional Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, dan lima Penggerak Swadaya Masyarakat dan Penyuluh Sosial pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes).

Selain mereka, dilantik pula tiga Pengelola Poduksi Perikanan Tangkap dan Pembina Mutu Hasil Kelautan pada Dinas Perikanan (Diskan); satu Pamong Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud); serta satu peneliti pada Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda).

Dirinya juga meminta kepada Kepala Perangkat Daerah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat. Permasalahan apa yang ada harus diselesaikan dengan cepat.

Seperti masalah bencana, penataan para pedagang di objek wisata, tuna wisma, dan juga bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). (HS-08)