Layanan Unggulan RSUD Pandan Arang Boyolali, dari Pre-Hospitak hingga Operasi Tulang Belakang

 

BATANGPOS.COM, BOYOLALI – Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Kabupaten Boyolali, yang kini sudah tipe B, saat ini memiliki berbagai layanan unggulkan, mulai Pre-Hospital atau pedampingan dalam penanganan pasien hingga laminektomi atau operasi pada tulang belakang.

“Kami terdorong untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Boyolali,” kata Direktur RSUDPA Boyolali, FX Kristandiyoko, setelah acara Sosialisasi Layanan Unggulan RSUDPA, di salah satu rumah makan di Kawasan Alun Alun Kidul Kabupaten Boyolali, Rabu (18/5/2022).

Layanan unggulan tersebut antara lain Emergency Medical Service atau Pre Hospital. Keluarga pasien dapat melakukan panggilan melalui telepon, untuk mendapatkan panduan dalam menangani pasien, sembari menunggu ambulans rumah sakit datang berikut dengan para tenaga medis yang siap membantu pasien.

Layanan yang lain adalah laminektomi, layanan mengganti tempurung lutut, dan pengobatan untuk wasir. Untuk diketahui, Laminektomi adalah prosedur pembedahan untuk menghilangkan tekanan pada saraf tulang belakang, seperti untuk mengatasi masalah degenerasi (keausan) dan saraf kejepit yang parah.

Adapun layanan operasi penggantian lutut, adalah prosedur medis untuk mengganti sendi lutut yang sudah rusak, dengan sendi lutut buatan (prostetik). Tujuannya untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi lutut, agar pasien tetap dapat menggunakan lututnya seperti biasa.

Di bagian bedah, RSUDPA juga memiliki layanan unggulan untuk pasien hemoroid atau wasir. Kini rumah sakit tersebut memiliki alat yang dapat digunakan pasien agar tidak merasakan sakit terlalu lama.

“Kami juga memberikan pelayanan terintegrasi hepatitis C dengan HIV, dan itu sudah menjadi ketetapan atau penetapan dari Dinas Kesehatan provinsi,” kata dia, seperti dirilis Boyolali.go.id.

RSUDPA Kabupaten Boyolali juga memberikan pelayanan untuk pasien tuberkulosis yang resisten obat, pasien hepatitis, dan HIV yang tidak bisa ditangani di rumah sakit tipe D dan C. Bahkan untuk pasien tuberculosis, RSUDPA Kabupaten Boyolali telah membangun sarana dan prasarana khusus.

“Inovasi langkah langkah yang baik tentunya kita akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk mendukung, mengambil langkah langkah yang baik, langkah langkah yang efektif guna memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Boyolali,” kata Bupati Said yang hadir dalam acara itu.

Layanan unggulan yang dimiliki oleh RSUDPA Kabupaten Boyolali tersebut telah terintergrasi dengan layanan BPJS Kesehatan. Baik pasien umum maupun dengan layanan BPJS Kesehatan, RSUDPA akan memberikan pelayanan maksimal tanpa ada perbedaan. (HS-08)