Lepas Calon Jemaah Haji Terakhir, Bupati Hartopo Ingatkan Cuaca Panas

 

BATANGPOS.COM, KUDUS – Bupati Kudus, Hartopo mengingatkan para calon jemaah haji, untuk senantiasa menjaga kesehatan, karena di Arab Saudi saat ini sedang musim panas dan suhu di negeri itu cukup tinggi.

Hal itu disampaikan Bupati Kudus, Hartopo, ketika melepas keberangkatan rombongan terakhir calon jemaah haji asal Kudus. Mereka masuk dalam kelompok terbang (kloter) sembilan.

Menurut Hartopo, jemaah haji perlu menyiapkan air minum, serta asupan vitamin dan gizi yang cukup, untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

“Kabarnya, di tanah suci saat ini masuk musim panas. Oleh karena itu, panjenengan harus mempersiapkan vitamin dan asupan gizi yang cukup,” kata dia, dalam keterangan tertulis melalui laman resmi Pemkab Kudus.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika jemaah haji merasakan gejala gangguan kesehatan, mereka harus segera menghubungi pendamping. Dengan demikian penanganan bisa dilakukan secara cepat dan tepat.

“Misal ada keluhan, segera menghubungi pendamping, biar segera ditangani tenaga kesehatan. Tapi semoga tidak ada yang sakit. Semua sehat sampai kembali ke rumah,” imbuhnya.

Pada kloter sembilan kali ini, terdapar delapan puluh calon jemaah haji. Mereka berangkat ke asrama haji Donohudan, menggunakan dua unit bus.

Minta Doa

Sebelumnya, Hartopo melepas 356 calon jemaah haji, yang masuk kloter delapan, di halaman Pendapa Kudus. Hadir saat itu Ketua TP PKK Kudus, Mawar Anggraeni Hartopo dan perwakilan unsur Forkopimda, Sekda beserta Asisten, Kabag Kesra, anggota DPRD Kudus, dan undangan lainya,

Hartopo mengatakan banyak umat Islam yang menantikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Oleh karena itu, dia meminta jemaah haji dapat memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya, untuk menunaikan rukun Islam ke lima tersebut.

“Oleh karena itu, sebagai tamu Allah manfaatkan anugerah yang diberikan dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Dia juga meminta jemaah haji, untuk mendoakan Kabupaten Kudus, agar selalu aman dan kondusif.

“Saya titip doa pada panjenengan semua ketika di sana. Doakan Kudus selalu tercipta keamanan, masyarakatnya sehat terhindar dari Covid-19, wilayahnya kondusif, serta kesejahteraan bagi masyarakat Kudus,” kata dia.

Salah satu calon jemaah haji yang masuk kloter sembilan, Muhammad Bariklana mengungkapkan keharuan karena bisa berangkat ke Baitullah tahun ini.

Erik, sapaan akrabnya, berangkat bersama kedua orang tuanya. Jemaah asal Desa Kaliputu yang masih berusia 24 tahun tersebut bertekad beribadah sekaligus menjaga orang tua.

“Alhamdulillah berangkat bersama orang tua. Insya Allah menyempurnakan rukun Islam sekaligus menjaga orang tua,” katanya.

Sementara itu, salah satu calon jemaah haji asal Desa Lau, Sucipto mengungkapkan kebahagiaannya setelah menunggu 11 tahun. Jemaah berusia 54 tahun tersebut, berharap dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar.

“Lega akhirnya berangkat tahun ini. Semoga nanti menjadi haji yang mabrur,” ucapnya. (HS-08)