Lepas Jamaah Calon Haji, Bupati Pemalang : Pastikan Asupan Gizi Terpenuhi

 

BATANGPOS.COM, PEMALANG – Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, kemarin melepas jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Pemalang. Pelepasan ditandai dengan kibasan bendera start, di halaman Pendopo Kabupaten. Minggu (26/6/2022).

Dalam sambutannya dalam upacara pemberangkatan, Bupati mengimbau para calhaj untuk selalu mengikuti petunjuk dan aturan dari para pembimbing, baik pada saat pemberangkatan, transit, sampai pelaksanaan ibadah haji.

Calhaj juga harus minta Izin pada ketua rombongan dan ketua regu, ketika akan meninggalkan rombongan.

Berkaitan dengan suhu panas di Arab Saudi yang berkisar antara 40-44 derajat celcius, Bupati berpesan agar mereka senantiasa menjaga kesehatan selama mengikuti rangkaian pelaksanaan ibadah haji.

”Pastikan asupan gizi anda terpenuhi, sehingga kondisi tubuh selalu fit dan prima,” kata dia, seperti dirilis pemalangkah.go.id.

Bagi calhaj yang memiliki riwayat penyakit bawaan, Bupati mengingatkan agar selalu berkoordinasi dengan tim kesehatan haji daerah (TKHD) dan selalu membawa obat-obatan, suplemen, dan multivitamin.

Adapun pada tim pembimbing haji daerah (TPHD),  Bupati Pemalang meminta mereka dapat bertugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab, untuk mendampingi dan memfasilitasi jemaah. Dengan demikian ibadah yang dijalankan, dapat lancar, sesuai syariat dan rukun yang ada.

Berkaitan dengan masa pandeni Covid-19 yang belum benar-benar usai, Bupati minta agar seluruh jamaah calon haji asal Pemalang tetap waspada serta disiplin mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di sana.

”Semoga berjalan dengan lancar selamat sampai tujuan dan bisa kembali di Kabupaten Pemalang dalam keadaan sehat walafiat serta menjadi haji yang mabrur,“  harap Bupati.

Sesuai jadwal, jemaah calon haji yang terbagi dalam 2 kloter, yakni kloter 35 dengan jumlah 152 orang dan kloter 36 dengan jumlah 155 orang.

Untuk pemberangkatan tahap pertama kloter 35, dilaksanakan pukul 13.00 WIB siang kemarin, menggunakan empat bus ke Asrama Haji Donohudan Boyolali. Adapun tahap kedua, yaitu kloter 36, diberangkatkan pukul 12.30 WIB, Senin (27/6/2022). (HS-08)