Lepas Kloter Terakhir, Wabup Kendal: Kondisi Cuaca Panas Jaga Kondisi Tubuh

BATANGPOS.COM, KENDAL – 185 Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Kendal yang ikut kloter 11 atau terakhir resmi dilepas pemberangkatannya oleh Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Kamis sore (9/6/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki berpesan kepada para calon jemaah haji, untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersamaan.

“Kondisi saat ini sedang panas, jadi saya minta kepada panjenengan semua untuk menjaga kondisi tubuh. Karena jemaah haji merupakan ibadah fisik. Sehingga menjaga kondisi tubuh sangat penting,” pesannya.

Selain itu, Wabup yang akrab disapa Pakde Bas tersebut berharap, agar para calon jemaah haji bisa pulang dan kembali ke Kendal dengan selamat dan lengkap.

“Semoga yang berangkat ini, semua kembali dengan lengkap dan mendapatkan haji yang mabrur,” ungkapnya.

Sebelumnya, 308 calon jemaah haji asal Kendal kloter 10 sudah berangkat pada Kamis pagi (9/6/2022) pukul 06.00 WIB pagi. Yakni menggunakan 7 bus. Adapun pemberangkatan kloter 11 menggunakan empat bus dan satu minibus.

Salah seorang calon jemaah warga Botomulyo, Kecamatan Cepiring, Kasminah (64) mengaku sudah puluhan tahun menabung untuk bisa berangkat haji.

Kasminah yang kesehariannya bekerja sebagai buruh tani mengungkapkan, dirinya berangkat haji sendirian. Karena Suyono, suaminya tidak bisa ikut berangkat ke tanah suci lantaran sudah berusia 77 tahun.

“Bapake sudah berusia 77 tahun, jadi ndak boleh berangkat. Yang boleh berangkat kan maksimal 65 tahun. Jadi hanya saya yang bisa berangkat,” ungkapnya.

“Awalnya bapake tidak terima dengan aturan tersebut, tapi akhirnya bisa menerima. Cuma pas nganter tadi bapake pake serangam. Katanya biar sama dengan saya,” imbuh Kasminah dengan mata berkaca.

Pada pemberangkatan kali ini, usia calon jemaah haji termuda yakni usia 20 tahun. Adapun tertua yakni usia 65 tahun.

Rombongan kloter 11 dijadwalkan akan terbang dari Jakarta pada Jumat (10/6/2022) pukul 22.35. Dan akan sampai di Madinah pada Sabtu (11/6/2022) waktu Arab Saudi.(HS)