Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan Padati Pantai Indah Kemangi

BATANGPOS.COM, KENDAL – Selama masa liburan Lebaran 1443 H ini, ribuan wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Tengah memadati wisata Pantai Indah Kemangi (PIK), di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Selasa (3/5/2022).

Hal tersebut membuat BUMDes setempat selaku pengelola wisata PIK, menyiapkan 10 ribu tiket per harinya.

Dari pantauan, wisatawan yang datang ke PIK rata-rata berasal dari luar daerah Kendal. Seperti Batang, Temanggung, Semarang, hingga Pekalongan.

Para wisatawan sengaja meluangkan waktu untuk menikmati libur Lebaran 2022 bersama keluarga.

Terlihat, para wisatawan yang berkunjung tidak hanya menikmati wisata pantai saja. Banyak dari mereka mengantre untuk naik wahana speed boat, banana boat, berkuda, ATV, mini trail, trampolin, hingga wahana naga.

Hal itu diakui Nur Azza (23), wisatawan asal Kota Kendal. Menurutnya wisata PIK ini memiliki perbedaan yang cukup drastis dibanding tahun sebelumnya.

Ditambah wahana yang tersedia saat ini cukup banyak, membuatnya ingin menjajal semua wahana hiburan dan permainan di PIK.

“Ya kalau tahun sebelumnya ada pembatasan pandemi. Jadi kurang ramai. Hari ini, saya datang sama teman-teman. Mau foto-foto di pantai dan menjajal wahana banana boat juga,” ujarnya, Selasa (3/5/2022).

Wisatawan lainnya, Bambang (40) asal Batang, ia datang bersama rombongan berjumlah sepuluh anggota keluarganya ingin menikmati suasana liburan di alam.

“PIK menjadi alternatif tempat wisata pilihan kami, meski baru pertama kali ke sini. Banyak wahana dan suasananya masih asri. Sepanjang jalan menuju PIK banyak persawahan,” ungkapnya.

Pengelola Pantai Indah Kemangi, Saefudin yang juga Sekretaris BUMDes Sidodadi Jungsemi menjelaskan, harga tiket masuk PIK dibanderol Rp 5 ribu per orang.

Dikatakan, pihaknya juga menyediakan 10 ribu lembar tiket masuk setiap harinya untuk masa libur Lebaran. Adapun harga per wahana di PIK senilai Rp 20 ribu.

Saefudin juga menargetkan, selama masa libur Lebaran ini bisa terjual hingga 6 ribu tiket per harinya. Dan setiap hari ada ratusan hingga ribuan tiket yang berhasil terjual.

“Diprediksi wisata PIK ini akan ramai hingga satu minggu ke depan. Karena di hari pertama libur Lebaran ini saja pengunjungnya lebih ramai dari tahun sebelumnya,” bebernya.

Saefudin menambahkan, pihaknya akan menambah dermaga apung dan tebing pemancingan ikan pada tahun 2023.

Selain itu, hasil penjualan tiket PIK selama libur Lebaran 2022 ini akan digunakan sebagai bantuan kuliah gratis untuk anak-anak di Desa Jungsemi.

“Semoga PIK lebih banyak pengunjung sehingga mendapatkan income lebih banyak juga. Dan semoga bisa merealisasikan tujuan dari PIK untuk membantu menyekolahkan anak-anak di Desa,” ungkapnya.(HS)