Lima Tahun Vakum, Sedekah Bumi Desa Kecepak Batang Kembali Digelar

 

BATANGPOS.COM, BATANG –  Warga Desa Kecepak, Kecamatan Batang, Kebupaten Batang, dalam sehari penuh, menggelar acara budaya Sedekah Bumi, di depan Balai Desa, Minggu (5/6/2022).

Kepala Desa Kecepak Ahmad Ahsari, mengatakan rangkaian acara sedekah bumi ini, diawali kirab budaya. Dalam kegiatan itu, peserta mengarak dua gunungan hasil bumi di Desa Kecepak, seperti ketela, sayuran, buah-buahan dan kelapa.

“Peserta tadi diikuti dari rukun tetangga ada 15 rombongan, kelembagaan ada enam rombongan, dan sektor pendidikan ada tujuh rombongan,” ujar dia.

Setelah arak-arakan, dilanjutkan pergelaran wayang among tani pada siang hari, tasyakuran oleh warga pada sore hari, dan pergelaran wayang golek dengan lakon canus mangkat kaji, pada malam hari.

“Sedekah bumi di bulan legenan, dilakukan untuk wujud rasa syukur masyarakat pada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan hasil bumi berlimpah di desa ini. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun menurun dari nenek moyang,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Lanjut dia, kegiatan ini berlangsung meriah karena masyoritas warga desa ikut berpartisipasi. Masyarakat menganggap event budaya yang sudah berlangsung turun menurun ini perlu dilestarikan, terutama oleh para pemuda dan anak-anak.

“Karena itu tadi anak-anak kecil sudah diikutkan pada kirab budaya. Mereka senang sekali bisa berpartisipasi dengan memakai pakaian adat nusantara,” kata dia.

Sedekah bumi terakhir dilaksanakan tahun 2018 karena pada tahun 2019 ada pemilihan kepala desa dan tahun 2020 masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, jadi ditiadakan sementara hampir 5 tahun dan baru tahun ini bisa dilaksanakan kembali.

Adapun untuk tahun ini, kirab budaya ini juga dilombakan. Pada akhir arak-arakan keliling, ada penampilan setiap peserta, agar kegiatannya semakin meriah dan masyarakat semakin bersemangat mengikuti acara ini. (HS-08)