Lintas Alam Bumi Sukowati IX, Pramuka Penegak di Sragen Berjalan Tiga Hari Dua Malam

 

BATANGPOS.COM, SRAGEN – Kwarcab Sragen menyelenggaraan Lintas Alam Bumi Sukowati IX, di Sangiran Klaster Ngebung, Kecamatan Kalijambe Sabtu (21/5). Dalam kegiatan yang diikuti para Pramuka Penegak itu, peserta berjalan tiga hari dua malam untuk mengenal potensi pariwisata di daerahnya.

Wilayah yang akan dilewati adalah Kecamatan Kalijambe, Plupuh, Gemolong, Miri dan Sumberlawang.

Menurut Panitia LABS IX, Sugino kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Kwarcab Sragen itu, sasarannya adalah anggota Pramuka Penegak se Kwartir  Cabang Sragen. Mereka adalah siswa dan siswi dari 8 sekolah setingkat SMA se-Kabupaten Sragen.

Adapun lokasi Sangiran Klaster Ngebung dipilih, untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sragen. Dengan demikian generasi muda semakin bangga dengan wisata di daerahnya.

“Anak-anak akan melewati 16 desa dan satu kelurahan di lima kecamatan,” kata dia, seperti dirilis sragenkab.go.id, Sabtu (21/5/2022).

Dalam perjalanan itu, malam tadi peserta bermalam di SDN 1 Denalas, Desa Denalas, Kecamatan Gemolong.

Adapun pagi harinya, Minggu (22/5/22) hari ini, mereka melanjutkan perjalanan, dan nanti malam menginap di SDN 3 Soka Kecamatan Miri.

“Di pos-pos yang kami siapkan, juga diberikan materi-materi dan tantangan-tantangan, agar anak-anak dapat melakukan problem solving,” kata dia.

Sugiono juga mengatakan kegiatan memeriahkan HUT Ke-276 Kabupaten Sragen itu, sekaligus untuk silaturahmi, membentuk karakter, pengembangan fisik dan mental, memupuk jiwa patriotisme, mencintai lingkungan, serta meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan anggota Pramuka.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Sragen membuka secara resmi Lintas Alam Bumi Sukowati IX dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ia menuturkan kegiatan ini membutuhkan fisik dan mental yang kuat, karena akan menelusuri daerah-daerah di wilayah Kabupaten Sragen. Dengan begitu anak-anak muda akan mengenal potensi daerah dan kearifan lokal yang tersebar di Kabupaten Sragen.

Bupati Yuni menambahkan bersamaan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen maka terhubung dengan sejarah perjuangan para pendahulu bangsa, di situ terbentuk adanya jiwa dan rasa nasionalisme, patriotisme dan persatuan yang kuat tanpa memandang ras, suku, agama dan status sosial.

Ia berpesan agar para peserta untuk selalu menjaga kekompakan, menjaga protokol kesehatan serta menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, menjaga sikap dan sopan santun terhadap warga dan budaya sekitar.

Selanjutnya Bupati Yuni memberangkatkan seluruh peserta Lintas Alam Bumi Sukowati IX didamping Wakil Bupati Sragen dan Forkopimda Sragen, Sekda Sragen  dan Kepala OPD Sragen. (HS-08)