Masa Aktif SIM Habis Saat Libur Panjang Lebaran, Bisa Diperpanjang Sampai 17 Mei

BATANGPOS.COM, KENDAL – Bagi masyarakat yang Surat Izin Mengemudi atau SIM-nya habis masa berlaku atau kedaluarsa bertepatan dengan libur lebaran, Polres Kendal memberikan dispensasi berlaku mulai Senin (9/5/2022) sampai Selasa (17/4/2022) mendatang.

Bagian Urusan SIM (Baur Sim) Polres Kendal, Aipda Taufan Rochim mengatakan, dispensasi ini dibuat karena saat libur lebaran pelayanan SIM di Polres Kendal ditutup, sehingga banyak warga yang habis masa berlaku SIM saat lebaran sempat kebingungan.

“Biasanya aturan perpanjangan SIM hanya dilakukan jika tidak melewati masa berlaku, dan jika melewati masa berlaku maka harus mengajukan permohonan SIM baru,” ujarnya, Kamis (12/5/2022)

Taufan Rochim menjelaskan, dispensasi ini membuat pemohon SIM yang sudah kedaluarsa tak perlu proses bikin SIM baru,  sehingga pemohon cukup melakukan mekanisme perpanjangan saja.

“Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis selama libur lebaran atau tanggal 29 April 2022 sampai 8 Mei 2022 tidak diharuskan untuk melakukan prosedur pembuatan SIM baru,” jelasnya.

Sehingga, lanjut Taufan Rochim, dispensasi perpanjangan SIM yang kedaluarsa saat libur lebaran diberlakukan pada rentang waktu tanggal 9 Mei sampai 17 Mei 2022 tanpa mekanisme pembuatan SIM baru.

Namun bagi masyarakat pemegang SIM yang sudah lewat masa berlakunya dan tidak diperpanjang sampai 17 Mei 2022, maka SIM dinyatakan tidak berlaku lagi, dan tidak dapat melakukan proses perpanjangan,

“Jadi bagi masyarakat yang habis masa berlaku atau kedaluarsa saat libur lebaran tidak melakukan perpanjangan sampai Selasa (17/5/2022), maka harus buat baru lagi sesuai prosedur ujian praktek dan afis,” pungkas Taufan Rochim. (HS-06).