Meeiahnya Festival Takbir Kalirejo Kangkung Kendal

BATANGPOS.COM, KENDAL – Ribuan masyarakat Desa Kalirejo, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal memadati Lapangan Kamajaya Desa Kalirejo, untuk menyaksikan Festival Takbiran yang digelar pemerintah desa setempat, Minggu malam (1/5/2022).

Ada 18 kelompok dari jemaah musala dan masjid yang ada di wilayah Desa Kalirejo yang mengikuti festival takbiran ini.

Acara dibuka Ketua DPRD Kabupaten Kendal yang juga warga Desa Kalirejo, Muhammad Makmun dan Kepala Desa Kalirejo, Teguh Sumaryanto didampingi para tokoh masyarakat dan tokoh agama desa setempat.

Dalam sambutannya, Muhammad Makmun mengatakan, dirinya mengapresiasi Festival Takbir Keliling yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah desa setempat.

Menurutnya, dengan kegiatan festival takbir ini, diharapkan mampu menjalin silaturahmi dan menyemarakkan kemeriahan hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Dengan rasa syukur, sukacita dan bahagia, mari kita sambut hari raya Idul Fitri tahun ini dengan penuh khidmat dan tenang, penuh kebersamaan, kedamaian dan keharmonisan,” kata politisi PKB tersebut.

Makmun juga mengungkapkan, kegiatan festival takbir ini, sebagai malam kemenangkan bagi umat Islam, yang mana selama satu bulan telah melaksanakan puasa selama bulan suci Ramadan.

Tak lupa makmun juga mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M.

“Ini adalah puncak kemenangan kita, perayaan kita bersama setelah berpuasa selama sebulan di bulan suci Ramadan 1443 hijriah. Semoga kita semua menjadi masyarakat dan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah,” ungkap Makmun.

Sementara itu, Kepala Desa Kalirejo, Teguh Sumaryanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam memeriahkan festival takbiran ini.

“Saya mengingatkan kepada masyarakat Desa Kalirejo, untuk bisa menjaga ketertiban, keamanan dan kondisifitas desa, selama berlangsungnya acara,” tandasnya.

Teguh juga berjanji kegiatan festival takbiran ini ke depannya akan dibuat yang lebih meriah. Bahkan dirinya juga menjanjikan akan meningkatkan nominal hadiah untuk para pemenang.

“Kalau kali ini kelompok juara satu mendapatkan hadiah Rp 3 tiga juta, juara dua mendapatkan hadiah Rp 2 juta dan juara tiga mendapat hadiah satu Rp 1 juta, Insya-Allah tahun depan akan kita lipat gandakan,” ungkapnya dengan penuh semangat dan mendapat sambutan tepuk tangan dari warga.

Sebelum peserta festival takbiran dilepas tepat pukul 21.00 WIB, panitia membuka acara dengan pesta kembang api, yang menambah acara semakin meriah.

Para peserta kelompok satu-persatu berjalan beriringan dengan masing-masing anggota paling sedikit berjumlah tiga puluh orang.

Para peserta pawai festival takbiran ada dari anak-anak hingga dewasa tersebut mengitari wilayah Desa Kalirejo dengan jarak lebih kurang enam kilometer.

Dengan antusias para peserta mengikuti pawai dengan penuh semangat, sembari menggaungkan gema takbir.

Terpantau ada beberapa replika menarik yang dibuat warga, mulai dari replika bangunan masjid, replika wayang, replika naga, replika tokoh semar, replika kepiting dan puluhan replika lainnya yang diarak masing-masing kelompok.

Bukan hanya memakai kostum atau busana muslim saja, bahkan ada kelompok yang menggunakan busana adat jawa lengkap. Diperkirakan acara selesai hingga pukul 24.00 WIB. (HS)