Memonitor Harga Sembako di Pasar Sleko, Bupati Pati : Kenaikan Harga Masih Wajar

 

BATANGPOS.COM, PATI – Bupati Pati Haryanto menilai kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Sleko masih tergolong wajar. Kenaikan harga tersebut sudah biasa terjadi setiap menjelang Lebaran.

Hal itu diungkapkan Bupati Pati Haryanto, ketika  bersama Sekda Pati Jumani dan sejumlah dinas, memonitor harga sembako di Pasar Sleko Pati, Jumat (29/4/2022).

Mereka menyusuri kios demi kios, dan berhenti di sejumlah lapak, di antaranya pedagang telur, pedagang sayuran, tempe, cabai, dan ikan panggang. Bupati juga berdialog dengan pedagang di pasar itu.

Tak hanya memantau harga kebutuhan pokok, Bupati Haryanto dan rombongan pun memborong sejumlah kebutuhan pokok.

“Memang ada kenaikan sejumlah kebutuhan pokok, seperti daging sapi ataupun ayam. Namun kenaikan ini masih wajar,” kata dia, seperti dirilis patikab.go.id.

Kenaikan harga ini, menurutnya terjadi setiap menjelang Idulfitri.

“Apabila terdapat keluhan penjual yang dagangannya sepi, ya nanti tunggu saja, bisa Sabtu, Minggu, atau Senin pasti laku diserbu masyarakat,” kata dia.

Kepada sejumlah pedagang, Bupati Pati juga memberikan nasihat dan motivasi, antara lain tidak menjual kebutuhan pokok dengan harga terlalu tinggi, karena malah bisa ditinggal pembeli.

“Jual dengan harga yang sepadan. Sebab, meskipun untungnya memang tidak tinggi, pasti selalu didatangi pembeli,” kata dia. (HS-08)