Mengawali KIE, 50 Tukik dilepasliarkan di Pantai Kali Ratu Kebumen

 

BATANGPOS.COM, KEBUMEN – Bupati Arif Sugiyanto bersama Direktur Keuangan Pertamina Foundation Medianto T Hermawan, berserta jajaran Forkompinda melepasliarkan tukik di Pantai Kali Ratu, Jogosimo, Klirong, Sabtu (25/6/2022).

Bupati yang juga didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen, Iin Windarti Sugiyanto, menyampaikan pelepasan tukik menjadi tanda dimulainya Kebumen International Expo (KIE), yang bakal berlangsung selama sepekan atau berakhir pada 2 Juli 2022.

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Termasuk Pertamina sebagai seponsor tunggal.

“Sebagai sponsor tunggal KIE, saya menyampaikan terima kasih kepada Pertamina. Kali ini Pertamina Foundation, kembali melakukan pelestarian lingkungan dengan melakukan pelepasan tukik di Kali Ratu, yang menjadi wilayah penangkaran penyu,” ujar Bupati.

Bupati mengungkapkan, selama ini Pertamina sudah banyak memberikan dana CSR untuk pelestarian lingkungan di Kebumen. Seperti pelestarian hutan mangrove di Pantai Ayah Kebumen, serta pembinaan dan pengembangan wilayah konservasi penyu di Kali Ratu.

“Saya kira Pertamina sangat concern (memberikan perhatian) dalam upaya pelestarian lingkungan di Kebumen. Dengan pelestarian ini artinya kita akan mewarisi keanekaragaman lingkungan untuk generasi anak cucu kita,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan Pertamina Foundation, Medianto menyatakan  setidaknya ada 50 tukik yang dilepasliarkan di Pantai Kali Ratu. Ini merupakan kegiatan yang sudah berkali-kali dilakukan Pertamina, dalam rangka pelestarian lingkungan di sepanjang Pantai Selatan.

“Ini merupakan kerja sama kami dengan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen dan Yayasan BenihBaik.com. Mudah-mudahan dengan pelepasliaran tukik ini, hewan yang dilindungi ini bisa kembali dan berkembang biak di laut lepas, sehingga pelestarian ini terus terjaga,” kata dia. (HS-08)