Menhub Lepas Ratusan Pemudik Balik Dari Layanan Bus Gratis Di Mangkang

BATANGPOS.COM, SEMARANG – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya melepas ratusan pemudik balik yang mendapatkan fasilitas mudik gratis menggunakan 20 bus dari Pemprov Jateng di Terminal Mangkang, Kota Semarang pada Sabtu (7/5/2022).

Menhub Budi Karya melakukan pelepasan bersama Sekda Provinsi Jateng, Sumarno, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan perwakilan dari anggota DPRD Kota. Dalam sambutannya, Budi Karya mengapresiasi atas adanya mudik gratis yang difasilitasi oleh Pemprov Jateng.

“Tadi saya dengar pemudik banyak yang gembira. Saya harap, untuk tahun depan hal ini bisa dilanjutkan dan diperbanyak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi Karya menyebut jika saat ini belum semuanya masyarakat kembali ke Jakarta, dari beberapa daerah atau tempat asalnya. Data pada Jumat (6/5/2022) lalu baru 36% pemudik yang melakukan perjalanan balik.

“Tadi data yang saya terima yang balik baru 36 persen. Masih 64 persen belum pulang atau kembali ke Jakarta atau Surabaya. Bayangkan ini tinggal dua hari. Khawatirnya malah menjadi penumpukan yang hebat,” ungkapnya.

“Jika 64% yang belum kembali itu serentak, saya tetap khawatir meski sudah ada skenario one way dan contraflow,” imbuhnya.

Oleh karena itu dia meminta pemudik yang memang belum pulang, agar menunda perjalannya. Menhub meminta pemudik pulang pada hari Senin, Selasa, dan Rabu agar mengurangi kepadatan jalan.

“Pemerintah juga sudah memberikan hak-hak cuti, lalu untuk anak-anak juga bisa belajar daring,” paparnya.

“Harapannya yang pulang tidak sampai 64 persen (dalam dua hari ini). Saya imbau kepada pemudik yang akan pulang untuk menunda balik. Saya pikir itu satu cara yang baik di tengah kekhawatiran,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Jateng, Sumarno berkata jika fasilitas mudik ini nyaris ditiadakan. Namun jelang Lebaran, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta dihadirkan kembali karena kondisi pandemi sudah membaik.

“Oleh karena itu kami belum banyak menganggarkan. Jadi kami hanya bisa menyediakan 20 bus saja. Semoga tahun depan dengan kesiapan lebih, kami bisa menghadirkan lebih banyak seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Sumarno juga menambahkan, untuk balik gratis ini jumlah peserta yang berpartisipasi atau mendapat kesempatan mudik gratis berkisar 400 peserta.

“Ini belum sepenuhnya karena memang belum semua pemudik balik,” tambahnya.

Sementara dari pemudik yang memanfaatkan fasilitas ini yakni Sumarni (55) berkata jika dia senang dengan fasilitas ini. Sumarni adalah warga Genuk, Kota Semarang yang mempunyai pekerjaan di Tangerang dan hidup di sana bersama keluarganya.

“Saya memang tidak mudik pakai bus gratis ini. Kemarin diberi tahu anak saya, terus mikir kok ya kemarin nggak naik ini saja malah ngirit,” ucapnya.(HS)