Meriahkan HUT IBI ke-71, Dinsos P2KB Kota Pekalongan Gelar Gebyar Pelayanan KB di Bidan Praktik dan Puskesmas

 

BATANGPOS.COM, PEKALONGAN – Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB) Kota Pekalongan, bekerja sama dengan pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menggelar Gebyar Pelayanan Keluarga Berencana (KB) serentak, di seluruh bidan praktik mandiri dan puskesmas di kota Pekalongan.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Ke-71 IBI Tahun 2022 ini, digelar hingga 31 mei 2022.

Penata Muda Kependudukan dan Keluarga Berencana, Dinsos P2KB, Niken Soerwiatrini, menyampaikan pemberian pelayanan KB, sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan KB, bagi pasangan usia subur, sekaligus merupakan bagian penanganan stunting.

“Gebyar pelayanan KB di tanggal 19 ini merupakan momen puncak HUT Ke-71 IBI, sekaligus mempercepat penurunan angka stunting, dengan mengatur jarak kehamilan para ibu,” kata Niken, di salah satu bidan praktik mandiri di Panjang Wetan, Kamis (19/5/2022).

Menurutnya, gebyar pelayanan KB ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Pekalongan, tetapi juga digelar secara nasional. Untuk kota Pekalongan, layanan KB serentak, difokuskan pada delapan lokasi pelayanan KB, di bidan praktik mandiri di setiap kecamatan.

“Karena ini merupakan HUT IBI, jadi dalam gebyar KB kita menyasar bidan praktik mandiri, tetapi juga bisa didapatkan di puskesmas dengan BPJS,” kata dia, seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Dalam gebyar pelayanan KB, layanan KB bagi akseptor dilakukan secara gratis. Selain itu, akseptor juga diberikan bingkisan berupa beras dan uang transport.

Menurut Niken, pada masa Ramadan dan Lebaran tahun ini, pelaksanaan pelayanan KB di Kota Pekalongan tidak memenuhi target. Tingkat kunjungan calon akseptor ke fasilitas pelayanan kesehatan juga belum maksimal.

“Target capaian kami, dalam 1 bulan untuk IUD 419 dan implan 269, semoga dengan adanya kegiatan ini, kami bisa memenuhi target ini,” kata dia. (HS-08)