Meriahkan Merti Desa, Wayang Kulit Digelar Seharian di Pantai Indah Kemangi

BATANGPOS.COM, KENDAL – Meramaikan “Merti Desa”, Pemerintah Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal menggelar Pentas Wayang Kulit di Objek Wisata Pantai Indah Kemangi (PIK), Jumat (12/8/2022).

Pentas wayang kulit ini untuk memeriahkan tradisi Merti Desa atau selamatan desa rutin diadakan setiap tahun, namun baru kali ini digelar di tempat wisata.

Kepala Desa Jungsemi, Dasuki mengatakan, pagelaran wayang kulit di acara selamatan desa kali ini, yang digelar di wisata Pantai Indah Kemangi, sebagai bentuk rasa syukur, karena telah dianugerahi sebuah tempat wisata yang bisa menghasilkan untuk kemajuan desa.

Dirinya juga mengungkapkan, tempat wisata PIK yang baru berjalan tiga tahun ini makin berkembang dan banyak pengunjung, sehingga menjadi sumber penghasilan desa.

“Kami bersyukur, karena dari tempat wisata yang dikelola desa ini sudah bisa menghasilkan, yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sosial di masyarakat desa,” ungkap Dasuki.

Sementara, Ketua Panitia Ikhwan menambahkan, pementasan wayang kulit sengaja digelar di tepi pantai supaya lebih nyaman, karena tempatnya lebih luas dan penonton bisa sambil duduk di taman wisata yang indah.

“Sembari menikmati pagelaran wayang, pengunjung juga bisa menikmati wisata Pantai Indah Kemangi,” ujarnya.

Ikhwan juga menjelaskan, pementasan wayang kulit ini digelar dua kali, yakni mulai siang sampai sore yang dimainkan dalang lokal Kendal, Ki Dwi Hasto dari Desa Puguh Kecamatan Pegandon, dengan lakon Sri Boyong.

“Sedangkan yang pentas wayang kulit kedua digelar malam hari bersama Ki Maryono Brahim dari Solo dengan lakon Wahyu Cokroningrat,” jelasnya.

Salah seorang warga Desa Jungsemi, Sulton mengaku, pentas wayang kulit yang digelar di pantai terasa lebih mengasyikkan.

“Iya baru pertama kali ini digelar di tempat wisata. Biasanya digelar di kampung. Rasanya lebih asyik, karena penonton bisa sekalian menikmati wisata PIK,” ujarnya. (HS-06)