Meski Hilal Belum Nampak di Pelabuhan Kendal, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada Senin 2 Mei 2022

BATANGPOS.COM, KENDAL – Kementerian Agama Kabupaten Kendal menggelar kegiatan Rukyatul Hilal, dalam rangka mendukung Penentuan Awal 1 Syawal 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi.

Acara dihadiri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto beserta istri, Wynne Frederica, Pj Sekda Kendal Sugiono, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus, beserta Tim Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Kendal, Nashoha beserta jajaran.

Selain itu juga hadir, Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat beserta jajaran dan Kasat Polair Polres Kendal, Iptu Agus Suwandi juga beserta jajaran.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kendal, Mahrus mengatakan, rukyatul hilal di Pelabuhan Kendal Minggu (1/5/2022) sekira pukul 17.37 hilal belum terlihat.

Hal ini menurutnya, karena masih tertutup mendung. Adapun di wilayah Jawa Tengah terdapat 13 titik pemantauan rukyatul hilal.

“Kita belum bisa melihat hilal di Pelabuhan Kendal karena terhalang mendung. Tapi dari informasi terbaru, di Kabupaten Gresik Jawa Timur hilal sudah terlihat,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Minggu (1/5/2022) sore.

Mahrus menjelaskan, rukyatul hilal penentuan 1 Syawal 1443H ini adalah rangkaian dari rukyatul hilal penentuan 1 Ramadan 1443H.

Ini dilakukan untuk memberikan kontribusi positif dalam penentuan awal Syawal 1443H. Serta sebagai bentuk pengabdian kepada umat.

“Dalam penyelanggaraan ini juga berkolaborasi dengan Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) serta pemerintah kabupaten, juga kementerian agama,” bebernya.

Sementara itu, dalam rukyatul hilal, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengaku dirinya baru kali pertama melihat rukyatul hilal.

Meski begitu, Bupati Kendal bersama keluarganya tetap antusias mengikuti proses rukyatul hilal.

“Sambil kita menunnggu keputusan dari pemerintah pusat, BHRD Kendal mencoba untuk melakukan pemantauan hilal. Yang pasti di Kendal tidak terlihat hilalnya,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas usai memimpin sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2022 pada Minggu (1/5/2022) sekira pukul 19.00 WIB.

Posisi hilal sudah di ketinggian 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit

Berdasarkan laporan posisi hilal sudah di ketinggian 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dan dari beberapa laporan di 90 titik di seluruh Indonesia, telah melihat hilal diatas ufuk

“Hasil dari sidang isbat pada hari ini Minggu (1/5/2022), secara bulat menyatakan bahwa 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022,” kata Yaqut. (HS)