Mobile Costumer Service BPJS Kesehatan Bakal Layani Warga Demak

 

BATANGPOS.COM, DEMAK – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan mengoperasikan Mobile Costumer Service (MCS) di berbagai lokasi di Kabupaten Demak, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat memperoleh pelayanan, tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Layanan MCS ini secara bergilir melakukan jemput bola di kantor-kantor pelayanan publik, badan usaha, dan spot-spot yang ramai dikunjungi masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Andi Ashar, dalam keterangan tertulis menyebutkan, melalui MCS, peserta dapat mengakses pelayanan administrasi, seperti pendaftaran baru peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan bukan pekerja, pelayanan perubahan data, pemberian informasi dan pengaduan, serta pelayanan skrinning riwayat kesehatan.

“Tentunya bukan hal asing, BPJS Kesehatan memiliki layanan MCS ini walaupun layanan digital sudah kami berdayakan secara maksimal. Kami memahami kesibukan dan juga kebutuhan masyarakat di daerah yang cukup jauh dari pusat kota sehingga kami akan tetap mengunjungi langsung peserta di lokasi-lokasi strategis,” Kamis (19/5/22), seperti disampaikan demakkab.go.id.

Untuk memudahkan masyarakat Demak mengurus BPJS, pelayanan MCS BPJS Kesehatan pada 24 Mei akan dilakukan di Balai Desa Mojo dan Balai Desa Kuncir Wonosalam.

Pada 31 Mei di Balai Desa Mijen dan Balai Desa Werdoyo Kebunagung, dilanjutkan di Balai desa Jamus dan Balai Desa Menur kecamatan Mranggen.

Adapun pada Juni terjadwal, MCS akan keliling pada 8 Juni di Balai Desa Babat Kebunagung, dilanjutkan di Balai Desa Megonten Kebunagung.

Pada 14 Juni di Balai Desa Kalisari Sayung dan Balai Desa Geneng Mijen, dilanjutkan di Balai Desa Karangasem Sayung dan Balai Desa Ngelowetan Mijen.

Pada 21 Juni di Balai Desa Krandon Guntur dilanjutkan Desa Gaji Guntur, serta pada 28 Juni  berlokasi di Balai Desa Grogol Karang Tengah dan dilanjutkan di Balai Desa Donorejo Karangtengah.

“Peserta dapat datang langsung ke lokasi tersebut. Untuk sesi pertama, petugas kami akan memberikan pelayanan pada jam 8.30 sampai 10.30. Adapun untuk lokasi kedua pada hari yang sama, pelayanan dapat diakses warga pada jam 11.00 sampai dengan 13.00. Pastikan agar membawa dokumen administrasinya,” tambah Andi.

Suparmi (40) warga Desa Trengguli, mengungkapkan rasa senangnya saat layanan MSC menyambangi desanya karena dengan mudah dan cepatnya ia memperoleh pelayanan administrasi dari petugas BPJS Kesehatan. Dirinya menyampaikan layanan MCS di balai desanya sangat membantu warga dan tidak perlu jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan.

Suparmi, saat mengakses layanan perubahan data kepesertaan keluarganya serta perubahan FKTP, juga menuturkan pelayanan yang diberikan petugas sangatlah ramah dan cepat. Tidak sampai menunggu lama, segala keperluan administrasinya cepat selesai.(HS-08)