Momen HUT ke-61 Kemerdekaan RI, Pramuka SMKN 2 Kendal Bagi-Bagi Sourvernir Bendera Merah Putih

BATANGPOS.COM, KENDAL – Biasanya, di Hari Pramuka 14 Agustus, beragam kegiatan dilangsungkan untuk memeriahkan perayaan tersebut. Mulai dari berkemah, menjelajah alam, outbound, lomba antar sekolah, jambore, serta yang paling tak terlupakan adalah api unggun.

Berbeda dengan yang dilakukan Pramuka Pangkalan SMKN 2 Kendal, bersama Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ikaubaloka) membagikan sourvenir bendera Merah-Putih kepada para pengendara di Jalur Pantura Kendal, Minggu (14/8/2022).

Tampak, kepada setiap pengguna jalan baik sepeda motor, mobil pribadi hingga truk yang melintas di sekitar lampu merah Purwokerto Indah (Purin), dibagikan bendera Merah Putih.

Untuk mengatasi supaya tidak mengganggu arus lalu lintas, para anggota Pramuka membagikan bendera Merah-Putih saat lampu merah tanda berhenti.

Ketua Ikatan Alumni Ubaloka SMKN 2 Kendal, Untung Mujiono mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka HUT Pramuka ke-61, sekaligus menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat di Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia dan kecintaan terhadap simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami bersama teman-teman dari Pramuka Pangkalan SMKN 2 Kendal menggelar bagi-bagi sourvenir kepada para pengendara, baik roda dua hingga truk yang melewati jalur pantura,” terang Ketua Ikaubaloka periode 2022-2024, yang baru menjabat tersebut.

Senada diungkapkan Pembina Gugus Depan (Gudep) SMKN 2 Kendal dan Instruktur di Prodi Otomotif, Nur Khozim. Menurutnya pembagian bendera ini merupakan bagian dari meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat kepada bangsa dan negara.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat di moment HUT Kemerdekan RI ke-77 dan bisa berlangsung kembali di masa-masa berikutnya,” ungkap Khozim

Dijelaskan, dalam kegiatan, sedikitnya 1.000 souvernir dibagikan. Mulai dari yang berukuran kecil untuk dipasang di spion sepeda motor atau truk, hingga souvernir yang berukuran mini, yang ditempelkan di kaca mobil.(HS)